Thursday 28 July 2022

Cobain Naik Mobil Listrik Otomatis Tanpa Supir di Q Big BSD City Yuk!

UDAH mau weekend aja nih guys. Biasanya, kalo weekend gini kalian ngapain aja sih. Penasaran nih bestie? 😅 Biar aku tebak mungkin ada yang kumpul bareng keluarga di rumah, ngopi di café, nonton, makan, hangout, atau sekedar curhat bareng temen juga bisa.

Kalo yang udah ada agenda jelas sih enak yah tapi gimana buat yang masih bingung apalagi jomblo 😅 nih aku kasih info tempat seru yang bisa kalian coba. Buat yang tinggal di wilayah BSD dan sekitarnya boleh merapat ke Q Big BSD City.

Cobain sensasi serunya naik kendaraan bus mini Autonomous Electric Vehicle (AV) yuk. Gampangnya, naik bus listrik otomatis tanpa supir. Mumpung masih ada waktu sampe 12 Agustus 2022. Kalo dihitung-hitung dari sekarang kira-kira masih ada waktu dua mingguan lagilah yah. Setelah itu akan diboyong buat dioperasikan di kawasan BSD Green Office Park 27 Agustus 2022 sampe 5 Januari 2023.

Catat juga hari dan jam operasionalnya. Dari hari Selasa sampai dengan hari Minggu. Sementara untuk hari Senin libur karena kendaraan harus dirawat (maintenance). Untuk jam operasional dari jam 10.00 sampai jam 17.00. Ini yang jarang orang tau, ada dua sesi jam operasional. Pertama dari jam 10.00 sampe jam 12.00 siang. Kemudian istirahat dan dilanjutkan lagi sesi dua dari jam 13.30 sampe jam 17.00.

Selain canggih karena bisa jalan otomatis sendiri, mobil ini juga aman untuk dicoba jadi jangan takut untuk menaikinnya yah. Pertama, mobil ini sudah dilengkapi sama delapan sensor di body luar mobil. Tiga sensor masing-masing di bagian depan dan belakang. Satu sensor masing-masing ada di sisi bagian kanan dan kiri mobil. Total ada delapan sensor. Sensor-sensor canggih ini yang ngatur mobil jalannya jadi pelan-pelan kalo ada mobil di depannya atau bahkan ngerem mendadak jika diperlukan.

(Point Pick Up and Drop Off Customer)

Kedua, lokasi atau rute-nya itu cuma di kawasan Q Big BSD City aja nggak sampe keluar rute ke jalan besar. Untuk kecepatannya maksimal bisa sampe 30 Km/jam tapi demi keamanan di-seting cuma sampe kecepatan maksimal 10 Km/jam aja. Jadi amit-amit kalo pun nabrak misalnya, paling cuma kaget dan efek terkejut aja dengan kecepatan pelan segitu karena di lokasi ini mobil rata-rata kecepatan juga segitu. Di area ini kenapa mobil-mobil yang masuk jalan pelan-pelan karena mereka cuma cari area masuk dan keluar parkir aja bukan yang kebut-kebutan seperti di jalan raya.

Masih bahas rute atau track yang dilewati sama bus Autonomous Electric Vehicle ada empat titik point. Rute awal ada di Forest Lobby ini untuk pick up and drop off penumpang. Jadi kalo kalian mau naik harus dari sini atau bisa juga di titik point dua di Waterfall Lobby ini juga untuk pick up and drop off penumpang. Sementara, untuk titik point tiga Gate I ACE Hardware hanya untuk drop off penumpang dan terakhir titik point empat ada di Gate 2 Informa ini juga buat drop off penumpang.

Di setiap pemberhentian masing-masing titik point, bus canggih ini akan buka dan nutup sendiri pintunya otomatis layaknya pintu-pintu yang ada di KRL atau MRT. Jangan lupa sebelum naik pastikan kalian sudah mendownload aplikasi OneSmile di Google Play atau App Store untuk pengguna Apple device.

(Sensor Camera LCD dan Informasi)

Sebab, kalian harus ngisi dulu nih survei singkat dua kali sebelum (pre-survey) dan sesudah (post-survey) menikmati tes uji coba bus otonom ini. Oh iya, untuk bisa naik bus otomatis ini GRATIS yah guys nggak dipungut biaya sepeser pun. Abis kalian download aplikasi OneSmile dan isi survei pertama tinggal tunjukkan QR Code aja ke petugas dan silakan antri di titik point Forest Lobby atau Waterfall Lobby. 

Adapun kapasitas penumpang kendaraan bus otonom ini maksimal ada 15 penumpang dengan formasi tempat duduk empat di samping kanan, empat di samping kiri, tiga di bagian belakang. Khusus di bagian belakang ini tempat duduknya bisa dilipat. Tiga penumpang lain berdiri dan satu operator. Sehingga total maksimal kapasitas penumpang ada 15.

Di dalamnya sudah dilengkapi dengan AC, tombol buka-tutup pintu, layar informasi dan keselamatan juga nampak menggantung monitor layar LCD dari reflektor camera-sensor yang ada di luar bus.

(Mode Manual Driver and Survey OneSmile Apps)

Mengingat masih endemi, demi menjaga protokol kesehatan, menurut operator yang bertugas hanya dibatasi sampai tujuh penumpang saja. Walaupun kendaraan bus bisa bergerak secara otomatis, masih diperlukan pendamping operator di dalam demi menjaga ke amanan penumpang. Jadi makin mantap dan nggak was-was lagi dong buat cobain naik bus Autonomous Electric Vehicle. Uniknya, meski bisa auto pilot tapi juga masih bisa digerakkan secara manual bukan dengan stir mobil tapi mirip joystick Play Station (PS). 🤣

Selain ramah lingkungan dan minim emisi karbon karena menggunakan tenaga listrik, kendaraan Autonomous Electric Vehicle jadi yang pertama dan satu-satunya ada di Indonesia. Makanya aku ngajak kalian buat cobain juga. Sesuai dengan komitmen Sinar Mas Land selain menjawab solusi akan kendaraan yang rendah emisi gas dan ramah lingkungan juga menjadi cikal bakal kendaraan masa depan. Sekian dulu dan salam blogger! • Dede Ariyanto

0 comments:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog