Rabu, 06 September 2017

Pertama di Indonesia, Solusi Buat Kamu Belanja Online yang Halal

SEBISA mungkin, kita kalau beli barang seperti lemari es, televisi, smartphone, dan beberapa kebutuhan lainnya pasti bayar pake uang cash atau uang tunai. Kita anti kredit atau hutang. Bukan kami sok mampu dan kaya bukan. Tapi, selagi itu masih bisa diusahakan (menabung) mengapa harus beli dengan cara kredit atau hutang?

Terkecuali bila itu kebutuhan mendesak yang di luar kemampuan kebanyakan orang. Misalnya saja seperti kredit rumah atau kredit mobil untuk usaha taxi online yang mendesak. Mungkin itu diperbolehkan, karena kalau beli dengan menabung dulu terlalu lama, tak kunjung kebeli yang ada uangnya terpakai untuk kebutuhan sehari-hari.

Bermula dari yang halal jadi berkah

Kita sebagai umat Islam harus punya sifat toleransi gak saklek garis keras juga. Pada dasarnya, agama Islam pun tidak mempersulit umatnya, sebaliknya mempermudah. Tapi tetep, membeli dengan uang tunai sangat baik dan dianjurkan. Apalagi buat kamu yang mampu beli cash dan nabung dulu. Haram beli dengan cara kredit atau hutang.

Kami pribadi jujur memegang kuat prinsip ini. Karena dalam Al-Qur'an sendiri sudah jelas kredit atau hutang itu berbunga, bunga itu sama dengan riba, dan riba itu dosa. Makanya jangan kredit yah, sekalipun itu misalnya beli smartphone. Mending nabung dulu, baru beli kalau uangnya udah kumpul. Kan enak tak ada tanggungan atau beban kalau belinya cash.

Kasian jugakan kalau beli kredit tapi belum lunas, tiba-tiba kitanya misalnya udah meninggal dunia, utangnya memberatkan ahli waris atau pihak keluarga. Padahal orang yang meninggal dunia dan masih meninggalkan hutang, maka amal dan ibadahnya tidak diterima oleh Allah. Makanya jangan heran, jika ada orang Islam meninggal dunia dan masih punya urusan dengan anak Adam (hutang) ahli waris atau keluarganya pasti menyampaikan ini.

Allah berfirman dalam Al-Qur'an: "Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertaqwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan." (QS. Ali Imran 3: 130).

Belanja Online Halal
Seiring majunya teknologi dan informasi, jual-beli sekarang sudah menjelma jadi virtual. Orang-orang menyebutnya dengan istilah electronic commerce (e-commerce). Apa sih e-commerce itu? Gampangnya mall online yang mempertemukan penjual dan pembeli secara online.

Sayangnya, e-commerce di Indonesia belum ada yang halal. Mereka masih menyediakan pembayaran dengan cara kredit atau hutang yang berbunga, dan cara-cara jual-beli online yang masuk kategori riba. Ya, meski ada pembayaran dengan cash atau tunai masih bisa dilakukan, tapi kalau yang dibeli harganya mahal orang pasti memilih melakukan pembayaran dengan kredit. Sedihkan?

Untungnya hari ini Rabu, (6 September 2017) aku atas undangan dari Blogger Crony Community (BCC) berkesempatan menghadiri launching situs e-commerce pertama di Indonesia yang menjamin halal baik produknya, bentuk transaksinya, dan pastinya no riba. Dari nama situsnya aja udah jelas kalau e-commerce ini Islami.

Talkshow Dunia Halal

Dalam launching ini juga dihadiri oleh narasumber yang kompeten di bidangnya. Adang Ndang Sutisna, Presiden Direktur PT. Galaksi Dunia Halal. Agung Suryatno, Managing Director duniahalal.com, dan tidak lupa Prof. Dr. KH. Ahmad Satori Ismail, MA, Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Dai Indonesia (IKADI) dan Pakar Ekonomi Syariah.

Terus ada apa aja di e-commence ini? Banyak bro dan sis! Layaknya e-commerce pada umumnya, di sini juga tersedia banyak barang yang bisa kamu beli dan jangan lupa, kamu juga bisa menjadi penjual di sini dengan mendaftar dan menjadi keanggotaan terlebih dahulu. Tentu patuhi syarat dan ketentuannya yah.

Tampilan website Dunia Halal di PC

Barangnya terdiri dari banyak kategori, seperti: fashion, ibadah, herbal, elektronik, wisata halal, kecantikan, bayi dan anak, rumah tangga, dan otomotif. Seiring berjalannya waktu, bisa saja kategori akan terus bertambah seiring banyaknya barang yang akan dijual. Mau isi pulsa, bayar air PDAM, bayar listrik PLN atau BPJS juga bisa.

Karena ini mereka baru launching, pastinya akan ada promo atau diskon yang bisa kamu dapatkan. Makanya, jangan bengong aja kalau udah begini ๐Ÿ˜€ Buruan ambil smartphone atau tablet kamu, unduh dan instal apps-nya dunia halal di Google Play atau langsung klik di sini. Sayangnya, untuk pengguna iOS atau Apple harus sedikit bersabar karena belum tersedia. Kamu bisa sering-sering cek sosial media mereka. Kalau udah rilis di Apple Store, pasti mereka akan kabar-kabar kok.

Oke, akhirnya selamat berbelanja online dan jangan lupa komen di bawah bagaimana pengalaman kamu berbelanja di sana. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

12 komentar:

  1. Wah bagus banget ya duniahalal.com ini makin banyak pilihan e-commerce halal dengan berbagai produk dan layanan jasa.

    BalasHapus
  2. Salam blogger juga Mas Dede! Smg Dunia Halal semakin berkembang...

    BalasHapus
  3. Waah... Yg begini ini ya yg kita cari. Ga was was beli maupun pake produknya. Amaaaan. Halal soalnya.Keren nih appsnya juga.

    BalasHapus
  4. coba aku langsung cek dunia halal, ini acaranya hari ini ya, beberapa kali kulihat teman juga share tentang berawal dari halal. Makasih ya mas

    BalasHapus
  5. Ini mirip dengan tokopedia juga gak? bisa nerima merchant2 lokal

    BalasHapus
  6. Wah ini mengakomodasi banget para penjual dan pembeli yaa....

    BalasHapus
  7. alhamdulillah ya skrg sdh ada duniahalal , jd sama2 lbh aman belanjanya

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah ada e-Commerce yang peduli akan hal keagamaan sepert hukum barang dan cara pembayaran, jadi nyaman beli nya. Hehehe

    BalasHapus
  9. Buat yang concern sama semua yang halal, Dunia Halal ini pastinya jadi solusi ya. Buat belanja kebutuhan sehari-hari semuanya ada, halal pula.

    BalasHapus
  10. Setuju nih selagi kita mampu sih mending bayar cash alias ngga ngutang ya.. ngeri2 umur ngga ada yang tau kan yaa (amit amit) hehe. So far salut sama duniahalal.com sebagai platform berbasis halal pertama di Indo ๐Ÿ‘๐Ÿป

    BalasHapus
  11. Pas banget deh sekarang Duniahalal.com melengkapi marketplace udah pasti halal & terpercaya.

    BalasHapus
  12. Kalau belanja produk makanan udah jelas halal yaaaaa di sini TFS :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, link atau tautan, sara,pornografi, dan spam terpaksa dihapus!

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

BloggerCrony Community

Indoblognet

Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog