Jumat, 29 September 2017

Blogger Gathering: Ada 'Nusantara' di Hotel Grand Tjokro Jakarta

MEMASUKI hotel Grand Tjokro, ada sesuatu yang beda dari pengalaman kita menginap di hotel-hotel sebelumnya. Nuansa Nusantara di sini terasa kental dan Indonesia banget! Bila diperhatikan dengan seksama, dari penamaan hotel itu sendiri sudah mengisyaratkan nama "Tjokro" yang berasal dari ejaan Jawa tempoe doeloe.


Begitupun jika kita perhatikan dengan seksama logo dari hotel ini mirip sekali dengan ukiran batik. Jika logo tersebut dilukiskan dalam bentuk saling bertautan di hamparan kain, bisa membentuk ukiran batik yang elok. Logo hotel Grand Tjokro meski nampak simple namun tetap elegant dan berkelas. Oleh karena itu, karena nampak seperti ukiran batik, di mana batik sendiri adalah budaya Nusantara yang sudah jelas telah diakui oleh UNESCO secara otomatis logonya saja sudah mengisyaratkan Nusantara.

Blogger Gathering Grand Tjokro

Sabtu, 23 September 2017, aku bareng tiga papah blogger dan mamah blogger terpilih lainnya, alhamdulillah berkesempatan ikut acara Blogger Gathering BloggerCrony Community (BCC) bertempat di hotel Grand Tjokro Jakarta yang ada di Jl. Daan Mogot No.63 Jakarta Barat.

Acara ini serentak diadakan di hotel Grand Tjokro Bandung, Jakarta, Jogja, Klaten, Pekanbaru, dan Balikpapan. Sementara kita ikut yang ada di hotel Grand Tjokro Jakarta yang di-handle oleh BCC. Agendanya selain dari pihak hotel yang ingin berkenalan dengan kita para blogger, juga ada breakfast, sharing session, hotel tour and games, kid’s activity, dan berenang tentunya.

Aku dan Farichatul Janah (Icha) datang lebih awal di lobby hotel ternyata belum ada temen-temen blogger yang datang. Daripada bengong sembari menunggu yang lain, akhirnya aku foto-foto dulu aja di restaurant hotel. Kita prepare berangkat ke hotel sengaja lebih awal. Soalnya jaraknya lumayan jauh dari Bintaro harus transit atau berganti stasiun dua kali menggunakan Commuter Line atau Kereta Rel Listrik (KRL). Pertama transit di stasiun Tanah Abang disusul transit lagi di stasiun Pesing. Baru kemudian disambung ojek online menuju hotel.


Icha sebenarnya lagi gak enak badan loh. Tapi karena dia suka sama cake decorating battle-nya, dia pun memaksa aku minta ikut. Padahal pas aku pegang keningnya sebelum berangkat, sudah hangat. Aku suruh gak usah ikut tapi doi tetap memaksa. Aku akui dia kalau soal masak-memasak dan membuat cake memang hobby banget. Salut deh! 😍

Hotel Grand Tjokro Jakarta secara posisi dan letaknya memang sangat strategis banget. Aku dan Icha dari stasiun Pesing naik ojek online cuman bayar Rp 5.000 aja. Kalau dilihat di Google Map jarak dari stasiun Pesing ke hotel Grand Tjokro Jakarta jaraknya cuma 1,2 Km.

Hotel Grand Tjokro Jakarta ini hotel berbintang empat. Secara fasilitas dan service hotel bintang empat gak usah diragukan lagi yah. Akses ke hotel ini pun sangat mudah dan gampang. Baik menggunakan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum.

Hotel Grand Tjokro Jakarta juga dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan seperti Mal Ciputra dan Mal Taman Anggrek yang berjarak 30 menit dengan kendaraan. Jadi kalau mau shopping atau jalan-jalan gampang banget gak usah buru-buru. Dari dan menuju ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta pun jaraknya cukup dekat dan bisa ditempuh hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit saja.

Restaurant Hotel Grand Tjokro Jakarta

Kembali ke soal motret makanan di restaurant hotel Grand Tjokro Jakarta sambil nunggu teman-teman blogger datang, aku cukup senang sama makanan dan minuman yang ada di sini. Bagaimana gak senang, di hotel ada jajanan tradisional kayak ongol-ongol atau klepon, kue nagasari, wajik ketan, kacang rebus, singkong, doclang khas Depok, dan yang tak kalah menarik ada jamu corner tradisional yang bisa dinikmati oleh semua tamu yang menginap di hotel. Ini juga makanan khas Nusantara yang banyak disukai orang Indonesia dan juga turis luar negeri.


Bagi aku, menu dan jajanan tradisional tersebut sangat penting. Sebab, biasanya makanan hotel biasanyakan gitu-gitu aja. Menu western food yang standar-standar aja. Dengan adanya makanan khas tradisional ini tentu jadi pilihan menarik yang pastinya healthy.


Kita semua senang dengan service yang ada di hotel ini. Selain pelayanannya yang ramah, kita juga dipersilahkan makan dan minum sepuasnya di restaurant hotel Grand Tjokro Jakarta. Oh iya, karena ini bintang empat sudah pasti buat kamu yang menginap di hotel ini pasti mendapatkan welcome drink di lobby hotel saat kali pertama check in hotel.

Sepuasnya kita sarapan, baru kita menuju ke lobby hotel yang bersebelahan dengan internet corner. Kali pertama aku ke hotel, baru kali ini ada hotel yang menyediakan internet corner. Ini penting banget buat anak-anak bisa bermain game atau internetan sambil menunggu orang tuanya melakukan pembayaran, order, atau check in di front office hotel. Sebab, jarak dari internet corner dengan front office hanya beberapa langkah aja.


Di lobby juga terdapat sofa empuk dan meja yang cukup nyaman. Koran dan majalah yang selalu up to date selalu siap menemani kamu di saat menunggu di ruang lobby. Pilihan lain bisa juga nonton YouTube atau nonton drama Korea 🤣 yang cukup kencang koneksi internet Wi-Fi hingga tembus mendekati angka 1Mbps saat diuji menggunakan aplikasi speedtest.

Di lobby ini juga pihak hotel melakukan ramah-tamah dan memberikan sambutan singkat kepada teman-teman blogger. Di antara petinggi hotel yang memberikan ramah-tamah dan sambutan mereka antara lain: Dedi Rosadi selaku Grand Manager Grand Tjokro Jakarta, Bram selaku F&B Manager Grand Tjokro Jakarta, Guruh Pranoto Putra selaku Director of Sales Grand Tjokro Jakarta, dan tak lupa pula mbak cantik Anisa Nurfitria selaku Public Relation and Sales MICE Grand Tjokro Jakarta.


Tak lama kemudian kita dibagi per-kelompok untuk melakukan hotel tour and games. Bagi mereka yang menyimak dan mencatat dengan baik, siapa yang bisa menjawab pertanyaan spontan dari masing-masing pemandu hotel yang melakukan hotel tour and games, akan mendapatkan hadiah berupa potongan atau diskon makan di restaurant hotel Grand Tjokro Jakarta. Lumayankan, makan di hotel dapat diskon.

Secara keseluruhan hotel Grand Tjoko Jakarta mempunyai 147 kamar, empat ruang meeting dan satu ball room. Bagaimana dengan tipe kamar hotelnya? Secara keseluruhan, kamar yang ada di hotel Grand Tjokro Jakarta dibagi menjadi tiga: Superior Room, Deluxe Room, dan Junior Suite Room. Oke sekarang kita bahas satu persatu yah.

Superior Room

Fasilitas kamar hotel yang diberikan cukup lengkap antara lain: Bath amenities, safe deposit box, laptop safe deposit box, king size beds, individual air conditioning, smoke detector, shower, desk with lamp, natural light, fridge, iron and ironing board, hairdryer, room service 24 hours, wake up call service, television with HD-DTT, satellite TV, dan free Wi-Fi. Walaupun di setiap kamar terpasang smoke detector, buat kamu yang merokok juga disediakan smoking are, tapi hanya tersedia di lantai dua saja.

Pas aku lihat di setiap kamar setiap di mini bar terdapat khas Nusantara yang nampak pada jenis gelas dan teko yang digunakan menggunakan bahan tembikar, namun gelas dari kaca pun tetap disediakan di sampingnya. Jadi, terbawa suasana kerajaan dan tempoe doeloe.


Sejauh mata memandang dari bilik jendela, panorama kota Jakarta tak kalah keren apalagi jika malam hari sorot lampu jalanan dan gedung begitu indah untuk dilewatkan sembari menyeruput kopi atau bersantai dengan pasangan halal kamu. Sementara untuk luasnya, kamar Superior memiliki luas 22 meter persegi. Untuk harga kamarnya Rp 1.499.000*. Harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai syarat dan ketentuan dari pihak hotel.

Deluxe Room

Tipe kamar Deluxe Room hampir tak jauh beda dengan Superior Room, yang membedakan adalah luasnya saja. Selebihnya hampir tidak ada bedanya. Untuk harganya Rp 1.799.000* dengan luas kamar 25 meter persegi. Harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai syarat dan ketentuan dari pihak hotel.


Baik tipe kamar superior room atau pun deluxe room bisa memesan jenis kasur yang diinginkan sesuai kebutuhan, mau yang dua kasur dalam satu kamar (twin) atau satu kasur besar dalam satu kamar (king). Kecuali untuk yang junior suite room memang hanya kasur jenis king yang disediakan.

Dari total 147 kamar yang tersedia tersebut terbagi dalam Superior Room 16 twin dan 68 king. Sementara untuk jenis atau tipe kamar Deluxe Room 54 twin dan 6 king. Dan terakhir yang Junior Suite Room hanya ada 3 kamar.

Junior Suite Room

Ini jenis kamar yang mewah dan megah dengan pembagian tiga ruangan dalam satu kamar. Ruang kamar tamu atau ruang tunggu, kamar tidur, dan kamar mandi. Khusus di kamar ini, terdapat bathtub. Untuk harganya Rp 3.299.000* dengan luas kamar 25 meter persegi. Harga sewaktu-waktu bisa berubah sesuai syarat dan ketentuan dari pihak hotel.

Karena exclusive, untuk jenis tipe kamar ini hanya tersedia tiga kamar saja. Cocok buat kamu yang menginginkan kenyamanan lebih di hotel ini. Jenis kamar ini cocok buta kalian pasangan pengantin baru yang lagi honey moon. 😘


Kamu juga bisa dapat potongan harga 10% jika memasukkan promotion code GRANDTJOKROID. Kode ini aku dapatkan saat tanya-tanya dengan customer service yang ada di front office hotel. Lagi-lagi lumayankan dapat potongan diskon 10%. Oh iya, promotion code tersebut bisa digunakan untuk jenis atau tipe semua jenis kamar.

Nama-nama venue hotel yang digunakan pun cukup unik dan menarik, diambil dari nama-nama kerajaan yang ada di Nusantara zaman dulu antara lain: Mahajapahit, Singasari, Padjajaran, Sriwijaya, Galuh, Kutai, dan Gowa Mataram. Makanya postingan blog ini aku kasih judul "Blogger Gathering: Ada 'Nusantara' di Hotel Grand Tjokro Jakarta."
*****

Manfaat Spa

Memanjakan diri atau me time sekali-kali perlu untuk melemaskan dan mengendurkan otot-otot kita yang kaku dan tegang setelah seharian bekerja. Saatnya kamu juga harus memperhatikan kebutuhan badanmu salah satunya dengan mencoba spa yang ada di hotel Grand Tjokro Jakarta.

Untuk dapat menikmati spa yang ada di sini, kamu bisa langsung datang aja ke mari. Tanpa harus menginap dulu di hotel bisa kok, langsung aja datang ke sini. Tapi jangan lupa bayar yah. 😜 Adapun jam buka spa mulai dari pukul 09.00 am - 12.00 pm.

Spa memiliki manfaat yang cukup baik untuk tubuhmu. Manfaat spa antara lain dapat menghilangkan stres. Saat tubuhmu terasa amat letih atau pegal-pegal, sebenarnya itu disebabkan oleh otot-otot tubuh yang menegang loh. Dengan spa, tubuhmu akan dipijat sehingga otot-otot akan menjadi lebih rileks. Tidak hanya tubuh, otot-otot di wajah pun juga akan menjadi lebih rileks dengan spa. Selain dengan perawatan dari terapis spa, stres yang kamu rasakan juga bisa hilang dengan aroma terapi yang ada di tempat spa.


Manfaat yang ke-dua adalah mengencangkan kulit, dengan rutin melakukan spa, kamu akan mengencangkan kulitmu sendiri. Selain lebih kencang, dengan spa, kamu juga akan menutrisi kulitmu. Dengan demikian, spa akan membuat kulitmu tampak lebih cerah dan sehat. Kamu bisa memilih perawatan spa berupa scrubbing atau lulur dan mandi susu untuk menyehatkan kulitmu.

Yang ke-tiga dapat memperlancar sirkulasi darah. Gerakan jari-jemari tangan terapis saat memberikan treatment spa tentu bukan tidak ada manfaatnya. Gerakan atau pijatan dari terapis spa bermanfaat untuk memperlancar sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar juga memiliki banyak manfaat untuk tubuhmu, seperti mencegah sakit kepala dan membuat kulitmu tampak lebih cerah.

Selanjutnya yang ke-empat dari manfaat spa dapat membersihkan tubuh. Dengan scrubbing atau lulur, kamu akan mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada tubuhmu. Tidak hanya itu, kamu juga mengangkat kotoran dan debu yang menempel pada kulitmu. Bila kamu memilih sauna, keringat yang dikeluarkan saat kamu sauna akan secara otomatis turut membuang racun dari tubuhmu atau detoks.


Dan terakhir atau yang ke-lima, manfaat dari spa dapat menurunkan berat badan. Perawatan spa dalam bentuk acupressure bisa membantumu mengurangi berat badan. Penekanan pada titik-titik tertentu di tubuhmu dapat mempercepat proses pembakaran kalori. Dan tidak hanya dengan acupressure, sauna juga dapat membantumu menurunkan berat badan. Sauna paling baik dilakukan setelah berolahraga karena akan mengoptimalkan proses pembakaran lemak.

Makanya jangan heran kalau cewek banyak yang melakukan spa. Dan biasanya, mereka yang rutin melakukan spa, akan terlihat makin cantik luar dalam. Buat cowok spa juga sangat dianjurkan kok.

Buat kalian yang suka karaokean, jangan khawatir karena hotel Grand Tjokro Jakarta pun punya tempat karaoke yang disebut dengan Rheneo Karaoke Room. Jarang-jarang loh ada hotel dengan fasilitas atau service karaoke. Secara ini hotel bintang empat bro and sist. Di sini kalian bisa bersantai dan senang-senang.

Cake Decorating Battle

Habis ngomongin spa tak terasa kok jadi panjang lebar yah artikel yang aku tulis. Maklum, aku sering melakukan spa soalnya. Baik di hotel atau di tempat spa. Aku juga pernah menuliskannya di blog ini. Jadi, aku rasa gak masalah karena bermanfaat. Baiklah, kembali ke topik pembahasan. Setelah kita semua selesai melakukan hotel tour and games. Tibalah saat yang ditunggu-tunggu oleh kita terutama Icha. Apalagi kalau bukan cake decorating battle.

Setiap papah dan mamah blogger dibagi berdasarkan masing-masing keluarga. Tentu aku kebagian sama Icha. Masing-masing meja sudah tersedia cake black forest, butter atau mentega, buah cherry, meses ceres coklat, dan pendukung lainnya termasuk satu buah topi khas koki profesional.


Aku sih lebih banyak liatin Icha dan sesekali makan atau nyemilin coklatnya aja haha 😂 Soalnya, kalau aku ikut campur banyak takut hasilnya jelek terus dia bisa ngambek. Kalau dia minta tolong aja baru aku bantu. Soalnya aku udah paham banget kalau dia masak di rumah pengennya gak ada yang bantuin. Bagi yang menang juara satu, dua, dan tiga hadiahnya dapat voucher makan di Grand Tjokro Jakarta kalau gak salah. Bukan soal hadiahnya hanya dapet voucher makan, tapi serunya itu loh buat Icha sampe lagi gak enak badan pun dibela-belain datang ke sini. Soalnya udah hobby.

Singkat cerita tibalah masa penjurian. Tapi sebelum penjurian dan mengumumkan pemenangnya, setiap kelompok diharuskan mempresentasikan tema dan filosofi dari cake decorating battle ini. Kalau aku sama Icha temanya "Grand Tjokro in Cake." Jadi, kita membuat logo dari Grand Tjokro di atas cake yang sebelumnya udah dibalut sama butter cream.

Filosofinya sederhana, semoga siapapun yang menyantap cake ini bisa bahagia layaknya orang yang menginap di hotel Grand Tjokro Jakarta. Adapun coklat yang bertaburan baik di sisi-sisi samping atau atasnya lambang kebahagiaan. Karena, rasa coklatkan manis, dan manis adalah simbol kebahagiaan.

Sampai aku nulis blog post ini suka ketawa sendiri. Ada satu peserta yang tema dan filosofinya lucu banget sampe semua peserta tertawa terbahak-bahak. Siapa lagi kalau bukan Jun Joewinanto. Dia mengangkat tema "Pasar Senen Kebakaran" ha ha ha 🤣 ada-ada aja Jun ini. Tapi usahanya tidak sia-sia, dia jadi salah satu pemenang dari cake decorating battle dengan kategori tema ter-unik.

Kata dewan jurinya bilang, "Seumur-umur, baru kali ini ada lomba menghias cake dengan tema nyleneh seperti ini," ujarnya dengan tertawa juga. Seperti biasa, setelah semua rangkaian acara selesai kita pun tak lupa foto bersama. Sebagian ada yang langsung pulang dan sebagian ada yang berenang dulu.


Sebetulnya aku udah bawa tripod, camera, dan go pro. Rencananya sih mau buat videonya. Tapi, karena Icha katanya badannya mulai gak enak jadi aku gak sempat renang terus langsung pulang dan pamit sama teman-teman. Sepulangnya dari hotel mungkin karena kecapekan di jalan Icha sakit sampe aku bawa ke dokter.


Dan alhamdulillah hingga postingan ini ditulis, kondisinya mulai pulih dan baikan. Semoga cepat sembuh yah. Insya Allah jika artikel ini menang juara satu dan dapat voucher menginap di hotel Grand Tjokro Jakarta kita janji bakalan bikin videonya di YouTube seperti video di sini dan di sini juga.

Terimakasih buat BCC dan hotel Grand Tjokro Jakarta atas keseruan ngumpul dan seneng-seneng bareng papah blogger (pagger), mamah blogger (magger), dan anak blogger (agger). Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan salam blogger! ● Dede Ariyanto

4 komentar:

  1. Cakep2 yaa kamarnya. Jadi pengen balik lagi ke sini.

    BalasHapus
  2. Waow sukkak banget kalau bau bau nuansa jawa gini.... Kayak itu jajanan pasarnya bukin aku kangen kampung halaman

    BalasHapus
  3. Kamar nya terlihat lapang dan baru, bersih. Sayang ya jauh di daan mogot. But next mungkin bisa ku coba pas weekend sama keluarga

    BalasHapus
  4. Ini nih hotel yang jadi sasaran aku utk ke Jogja bulan depan. Sayangnya udah ful booked untuk tanggal yang aku mau. Btw, Mba Ica hebat euy. Sakit-sakit masih semangat ngedekor cake. Klo aku pasti udah ngeruntel di kasur itu.

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, link atau tautan, sara,pornografi, dan spam terpaksa dihapus!

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

BloggerCrony Community

Indoblognet

Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog