Monday, May 1, 2017

Ciptakan Mini Café dengan Mesin Kopi Dolce Gusto Piccolo

SETIAP akhir pekan, aku dan Farichatul Jannah biasanya menghabiskan waktu di Café kenamaan yang ada di mall Jakarta atau Bintaro. Itu pun kalau tak ada acara atau kesibukan lain. Sekadar browsing-browsing, menulis blog, atau ngobrol dan nongkrong aja di sana. Quality time aja biar selalu mesra. Hehe

Nescafe Dolce Gusto Piccolo

Hampir setiap hari aku selalu minum kopi. Biasanya, kopi kemasan atau kopi saset Nescafe. Bagiku, minum kopi tak hanya sekadar minum kopi. Asyik aja gitu. Apalagi pas lagi nulis blog, serasa ngalir aja ide yang aku tulis.

Seiring berjalannya waktu, kecintaanku akan kopi tak berhenti sampai di sini. Melalui ajang menulis yang diselenggarakan oleh Kompasiana, artikelku tentang kopi berhasil membawaku keliling Lampung selama tiga hari dua malam.

Lampung, satu dari sekian daerah Indonesia yang terkenal akan kualitas kopinya. Beruntungnya, aku bisa visit sekaligus melihat-lihat proses produksi mulai dari pembibitan hingga produk siap konsumsi di pabrik kopi Nescafe yang ada di Panjang, Lampung. Kalian bisa baca perjalanan aku di sini.

Terkesan dengan Mesin Kopi Dolce Gusto Piccolo

Beberapa hari lalu, aku ikut acara Piccolo Party bersama 50 orang rekan blogger dan tamu undangan. Total ada 250 orang, Kamis malam (27 April 2017). Bertempat di Leon Café and Lounge, Jakarta.

Di antara kamu pasti ada yang bingung Piccolo itu apa? Yang jelas bukan karakter antagonis serial kartun Dragon Ball, tapi itu nama mesin kopi produk dari Nescafe. Mesin kopinya disebut dengan Dolce Gusto Piccolo.

Piccolo sendiri artinya kecil. Berasal dari bahasa Italy. Bentuknya memang cute dan menggemaskan kayak Penguin. Bentuknya yang kecil, membuatnya mudah dibawa ke mana-mana.
***

Kalau aku bilang, Piccolo mesin yang cool. Mudah digunakan dan praktis. Tak sesulit yang aku bayangkan dan pikirkan. Cukup tuang air mineral ke dalam tangki sebanyak 600 ml. Kira-kira dengan kapasitas air tersebut, kamu bisa buat tiga cangkir kopi, loh.

Setelah dicolokkan ke listrik, masukan capsule ke dalam tempat mesin. Jangan lupa, gelas sudah harus terpasang pada tempatnya. Kemudian geser tuas ke dingin atau panas sesuai selera. Enaknya, karena mesin kopi ini manual, kamu bisa mengatur sendiri tingkat kepekatan atau kekuatan dari cita rasa kopi yang kamu buat.

Video Tutorial Cara Make Mesin Kopi Dolce Gusto Piccolo

Setelah aku coba, aku lebih suka dengan capsule kopi yang rasa Espresso Intenso. Rasa kopinya kuat dan tak jauh berbeda dengan kopi yang biasa aku minum di kedai kopi atau Café-Café. Sementara Farichatul Jannah lebih suka yang rasa Chochocino. Katanya, dia kurang suka dengan kopi. Jadi, pilih yang rasa coklat. Dan emang bener rasanya pure coklat aja. Buat yang suka manis bisa menambahkan gula. Bisa juga pas minum sambil liat aku.

Nescafe Capsule Coffee Dolce Gusto Piccolo


Bagi aku, Nescafe Dolce Gusto sangat membantu sekali membuat kopi sekelas Café. Kondisi jalanan yang padat dan macet, menyita dan menghabiskan waktu tersendiri di jalan untuk mencari Café terdekat. Di sisi lain, kita membutuhkan quality time, apa lagi saat banyak kerjaan dan deadline mepet yang harus diselesaikan. Kopi serasa menjadi teman sejati yang selalu setia.

Waktu singkat bukanlah halangan untuk bisa mendapatkan ‘me time’ yang berkualitas. Sangat cocok bagi kaum urban dengan segala kesibukan dan aktivitasnya setiap hari. Nescafe Dolce Gusto Piccolo bisa membuat minuman sesuai kreasi dengan kualitas setara Café.

Bentuknya yang lucu, imut, dan menggemaskan ini dengan segala kecanggihan mesin kopi setara di Café membuat kita serasa memiliki mini Café sendiri di rumah. Setelah ini aku dan Farichatul Jannah bakalan betah ngopi di rumah tanpa harus ke Café lagi.

Sebelumnya, aku pernah baca-baca dan nonton mesin kopi sejenis ini di YouTube. Alhamdulillah, akhirnya punya juga. Seri ini adalah yang terbaru dari Nescafe Dolce Gusto manual, jadi buat kamu yang suka dengan kekentalan rasa kopi itu sendiri bisa mengaturnya sesuka kalian. Bisa juga secara otomatis sesuai tanda bar air yang terdapat pada capsule coffee Dolce Gusto.

Sajian Segelas Kopi Rasa Cappuccino

Uniknya, kamu bisa buat kopi ini pake bantuan apps yang bisa didownload baik di Google Play atau App Store. Sesuai indikator bar air yang ada di tiap-tiap capsule coffee Dolce Gusto. Indikator bar air masing-masing capsule coffee Dolce Gusto berbeda. Sesuai jenis dan cita rasanya masing-masing.

Aplikasi Dolce Meter digunakan untuk memudahkan atau sekadar peringatan saat membuat coffee. Sehingga rasanya bisa pas dan sesuai menurut standar Nescafe. Satu bar air artinya lima detik yang diperlukan. Bila ada dua bar air, berarti sepuluh detik dan seterusnya sesuai kelipatan lima detik. Kabarnya, aplikasi ini dibuat oleh programmer, pecinta coffee sekaligus member yang tergabung dalam keanggotaan Dolce Gusto. Keren yah!

App Dolce Gusto Meter

Buat kamu yang ingin punya mesin kopi seperti ini bisa segera buka toko online Lazada, kabarnya lagi ada promo dan kejutan menarik seputar mesin Nescafe Dolce Gusto. Ini wajar dan logis, secara mereka baru memperkenalkan produk mesin kopi Dolce Gusto Piccolo. Buat kamu yang ingin punya mini Café, atau buka Café bisa memanfaatkan moment ini.

Menurut petugas yang berjaga dan mengajari aku bagaimana menggunakan mesin kopi Dolce Gusto Piccolo ini, sudah tersedia banyak varian rasa untuk capsule coffee Gusto Piccolo. Kabarnya kalau di luar negeri ada 41 rasa, sementara di Indonesia baru ada 14 varian rasa. Sementara saat aku buka situsnya tersedia lumayan banyak, ada delapan varian rasa antara lain: Cappuccino, Grande Intenso, Espresso Intenso, Latte Macchiato, Caramel Latte Macchiato, Mocha, Green Tea Latte, dan Nestea Peach.

Adanya mesin kopi Dolce Gusto Piccolo, tak hanya seperti memiliki mini Café sendiri di rumah dengan kualitas coffee Café, tapi juga mempercantik dekorasi rumah. Aku udah punya, kamu kapan? ● Dede Ariyanto

34 comments:

  1. Duh aku suka nih Dolce Gusto ini yg terbaru yahh

    ReplyDelete
  2. Kalo saya suka yang varian NDG Chococino, anak-anak suka yang coklat/ Milo :)

    ReplyDelete
  3. Penasaran sm yg neastea peach nih

    ReplyDelete
  4. Mesinnya kecil, praktis, jadi bisa dibawa2...Klo ada acara keluarga asik nih mas Dede, tinggal suguhin kopi jdi mini kafe ya heee

    ReplyDelete
  5. Semakin tamfan dg NDG Oiccolo manual ya kakak

    ReplyDelete
  6. harganya mesin kopi brapa itu mas

    ReplyDelete
  7. Gue ngerasaiin sendiri didampingi kang dede mencoba membuat sajian kopi ...mm nyooosss

    ReplyDelete
  8. Asikk banget bisa praktis yaa menyeduh kopi pakai mesin kopi mini yg modern bangeet. Bisa dijalankan pake apps pulaaa. .kepo kepoo ah si picollo di lazadaa. .😁

    Penasaran pengen cobain yg chochocino karena ndak begitu suka kopi. . Hehehe

    ReplyDelete
  9. Bisa ngopi d rmh dong mas.. Klo sdh punya alatny hemat u. Kongkow d cafe...

    ReplyDelete
  10. paling suka sama caramel latte macchiato :)
    btw, belom nyoba yang dingin
    sejauh ini baru coba macchiato sama cappucino panas

    *ntar siang cari es batu ah buat diblend

    ReplyDelete
  11. segerrr bikin kopi sesuai kreasi sendiri makjossss

    ReplyDelete
  12. Wahh kerenn nih mesin dolce gusto piccolo, kira-kira berapa harganya ya mas dede ?

    ReplyDelete
  13. Bentuknya lucu banget yaa, kaya pinguin gitu. Gampang dibawa kemana-mana juga. Jadi mau ngopi kapan aja bisa ya. Asal jangan bawa NDG ke kedai kopi aja :)

    ReplyDelete
  14. Aku pertama kali dengar nama Piccolo juga langsung kepikiran sama tokoh Dragon Ball, hihi. Mungkin kepalanya si Piccolo ini sama plontosnya yaa, hihi. Tapi kalo Piccolo yang ini mah stylish n elegan desainnya.

    ReplyDelete
  15. Ah belum nyobain yang cokleat2 nih, baru kopi2an.. Beli kapsulnya kali ya, haha

    ReplyDelete
  16. bikin usaha dong deee...kopi ala cafe :D

    ReplyDelete
  17. Keren nih, udah mesin kopinya praktis, pake applikasi pula. Unik

    ReplyDelete
  18. wah keren mesin kopinya, kirain cuma untuk buat picollo latte aja ternyata bisa banyak ya

    ReplyDelete
  19. dari kemaren nyobain bikin banyak minuman di rumah pake Nescafe Dolce Gusto Picollo. Kalo ada tamu, pede banget nyuguhin minuman kece. Ngga usah order-order di kafe

    ReplyDelete
  20. Penasaran sama green tea latte saya

    ReplyDelete
  21. wah bisa serasa di cafe ay, karena aku gak suka kopi karena perutku bermasalah

    ReplyDelete
  22. Gemes ya, mirip pinguin banget bentuk NDG ini.

    ReplyDelete
  23. Aku udah punya juga dong, kan pengen punya barista juga di rumah, mumpung ada diskon waktu itu :D

    ReplyDelete
  24. Hihihi. Awalnya saya juga penasaran kenapa kok namanya sama kayak musuhnya Son Goku (meskipun kemudian jadi teman). Ternyata artinya kecil. Tapi kecil-kecil jagoan banget bikin kopinya ya Mas :D

    ReplyDelete
  25. asiknya bisa met time bersama NDG Piccolo, di mana aja juga bisa tinggal di bawa mesinnya

    ReplyDelete
  26. Yuk berkreasi minuman pake Dolce Gusto

    ReplyDelete
  27. Ah green tea lette enaaaak tuh aku dah pernah cobain ❤️

    ReplyDelete
  28. Kalau punya mesin ini serasa di kafe, tiap hari minum kopi a la kafe asyik bikin tambah bagus mood nya :)

    ReplyDelete
  29. Wahh mas Dede beli juga ya. Kmrn hadganya brp mas?

    ReplyDelete
  30. Aku udah punya kakaaak.. punya mesin manual jg impianku nih, jd me time di rumah bs lebih sering, lbh mesra, ehh.. hahaha.

    ReplyDelete
  31. Malah bisa buka kafe sendiri ya kak, kalo punya banyak mesin NDG.. Hihihihiii

    ReplyDelete
  32. Saat baru keluar beberapa tahun lalu sempat tertarik untuk beli mesin ini. Sekarang keluar model baru, tertarik juga, tapi apa terpakai nanti ya.
    Saya peminum kopi juga, tapi tak biasa pakai pil seperti ini sih.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, link atau tautan, sara,pornografi, dan spam terpaksa dihapus!

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

BloggerCrony Community

Indoblognet

Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog