Tuesday, January 17, 2017

Serunya Olahraga di Lapangan Kemenkes

BEBERAPA hari ini aku mulai memperhatikan kesehatan dengan rutin melakukan olahraga minimal satu minggu sekali, makan buah dan sayur secara teratur, dan jangan lupa istirahat yang cukup. Bukan tanpa alasan, keinginan ini timbul sejak melihat perubahan berat badan bapak dan perutnya yang sudah tidak buncit lagi. Nah, jika kamu punya perut buncit, saran aku agar rutin dan rajin untuk berolahraga. :)

Sekadar cerita dulu, bapak saya beberapa tahun yang lalu kadar gula darahnya cukup tinggi. Usianya pun sudah tidak muda lagi. Tapi tetap semangat menjalani hidup dan rutin berolahraga lari pagi hampir setiap hari juga mengurangi makan-minuman manis. Alhamdulillah, sekarang badannya sudah tidak gendut dan perutnya sudah tidak buncit lagi. Pun kadar gula darah berangsur normal dan baik.

Di sore hari, ada notifikasi email masuk ke iPhone saya dari komunitas BloggerCrony. Isinya ajakan untuk olahraga bareng Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Jum’at, 13 Januari 2017 berlokasi di lapangan Kemenkes. Bak gayung bersambut, tidak pikir lama dan panjang, langsung aku jawab bersedia.

Saya kebetulan tidak sendiri, walau sedikit gerimis tidak menghalangi niat kami untuk bisa berolahraga, apalagi sama-sama dengan blogger, teman-teman Kemenkes, dan juga masyarakat umum, yang pasti menambah semangat untuk berolahraga daripada sendiri.

Sesampainya di lokasi, saya langsung ganti kostum dengan kaos yang dibagikan oleh panitia. Warnanya merah. Aku suka banget dengan warna merah. Kebetulan saat itu aku mengenakan training merah Adidas dan sepatu Nike yang juga sama-sama berwarna merah. Cocok dan pas banget. Difoto rasa percaya diri aku jadi meningkat 150% Hahaha. Merasa ganteng dan jreng aja gitu.

Joging Pagi Bareng Kemenkes

Beberapa teman-teman cewek rata-rata memilih senam. Sementara aku sendiri suka dengan lari atau joging aja. Olahraga lari aku suka banget. Mudah dilakukan, gak butuh alat, bisa dilakukan di mana aja. Efeknya juga luar biasa bikin segar dan sehat mengingat semua organ tubuh kita digerakkan dari ujung kepala hingga ujung kaki.

Seusai senam, ternyata ada stand jamu yang bisa dinikmati gratis atau cuma-cuma. Kalau aku pilih yang beras kencur saja biar gak pahit hahaha. Varian atau jenis jamu lainnya pun banyak.

Menurut salah satu panitia, di lapangan Kemenkes ini rutin diselenggarakan olahraga pagi jum’at. Tidak hanya diperuntukkan untuk pegawai saja tapi masyarakat umum pun bisa ikutan. Cukup datang saja dimulai dari pukul jam 6 pagi. Jika membawa kendaraan pun tidak kena bayar parkir. Ini dilakukan dalam rangka mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau biasa disingkat dengan GERMAS.

Kamu juga bisa ikuti atau follow akun Twitter Kemenkes di @KemenkesRI Di sana banyak tips yang dibagikan dan itu bermanfaat banget buat kalian yang ingin hidup sehat dan jauh dari penyakit juga pastinya. Menambah wawasan dan semakin cerdas karena banyak informasi yang di dapat. Ada juga gambar-gambar atau infografis vector yang menarik.

Setiap bulannya ada pemeriksaan kesehatan gratis. Mulai dari ukur berat badan, tensi, cek gula darah, dan kolesterol. Seusai olahraga kamu bisa memborong atau belanja buah-buahan segar atau olahan makanan sehat di bazar yang masih satu lokasi dengan tempat olahraga. Kalau yang ini gak gratis, kamu harus bayar ke penjualnya yah? Hahaha

Meja Registrasi Pemeriksaan Kesehatan

Karena kita tidak pulang cepat-cepat, kita pun sempat diajak keliling untuk melihat-lihat fasilitas fitnes yang dikhususkan untuk pegawai yang ada di Kemenkes. Pantas saja mereka yang bekerja di sini rata-rata masih terlihat muda dan segar karena rutin melakukan olahraga setiap hari. Gak lucu juga sih kalau kementerian Kesehatan masa pegawainya sakit-sakitan atau loyo hahaha

 Fasilitas Fitnes di Gedung Kementerian Kesehatan

Sebelum berkeliling di fasilitas fitnes, kita pun diajak ngobrol cantik dengan ibu menteri. Dan, pastinya kamu taulah, aku tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk bisa foto selfie dengan ibu menteri hahaha. Dari obrolan santai dengan ibu menteri, intinya ibu menteri ingin mengajak seluruh masyarakat yang ada di Indonesia tidak hanya di Jakarta untuk bisa melakukan gerakan atau dukung GERMAS. Dengan begitu Indonesia bisa semakin sehat dan tambah maju.

Foto Selfie Bersama Ibu Menteri

Sebelum pulang aku dan Icha penasaran dengan kantin yang ada di belakang gedung. Ibarat pimpinan, ceritanya kita sedang melakukan sidak tanpa pengawal hahaha Untuk memastikan apakah makanan di kantin ini sudah memenuhi standar kesehatan dan enak atau sebaliknya. Dan ternyata, makanan di sini selain harganya cukup ‘ramah’ di kantong juga enak.

Aku liat di depan warung ada spanduk besar. Kaya panduan bagaimana mengolah makanan sampai aturan harus menggunakan sarung tangan dan penutup kepala untuk koki atau si juru masak pun ditaati oleh penjual. Seusai acara ini pelajarannya kita jadi semakin rajin berolahraga dan hidup sehat.

Dan next time setiap jum’at insya Allah mungkin kita akan rajin berolahraga di sini, selain juga rajin olahraga di Card Free Day (CFD). Terima kasih atas undangan dari Kemenkes dan juga BloggerCrony community. Akhir kata, mari hidup sehat dan salam blogger.

0 comments:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Warung Blogger


BloggerCrony Community

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog