Rabu, 07 September 2016

Bazaar Indonesia Merdeka, untuk Indonesia Lebih Baik

MUNGKIN di antara pembaca blog saya ada yang pernah dengar PPRI? Kalau belum, selamat berarti kamu masih bisa dikatakan muda! :D PPRI itu singkatan dari Pemilihan Puteri Remaja Indonesia, ada pada tahun 1975-1988 lalu. Wah, aku baru lahir tuh.

Pemilihan Puteri Remaja Indonesia ini diselenggarakan melalui majalah terkenal pada waktu itu. Tidak semua putri Indonesia bisa dan dapat dengan mudah lolos untuk bergabung dengan PPRI, loh. Harus melalui seleksi ketat dulu. Tidak hanya intelektual atau kecerdasan dan kecantikan saja yang diperhatikan, tapi juga keterampilan yang dimiliki.

Talkshow Bagaimana Membangun Branding Usaha. Dokumentasi Satto

Pertanyaannya, apakah sekarang masih ada Pemilihan Puteri Remaja Indonesia? Sudah tidak ada, tapi alumni atau ex para finalis ini tergabung dalam satu wadah bernama Yayasan Putik Indonesia Berkarya (YPIB). Para alumninya tersebar hampir di seluruh provinsi di Indonesia dengan berbagai profesi, ada yang menjadi Dokter dan Guru Besar pada Universitas Negeri dan Swasta, direktur, pejabat negara, pebisnis, profesional trainer, manager, dan berbagai bidang profesi lainnya.

Keberadaan komunitas YPBI ini secara langsung atau tidak langsung sudah memberikan kontribusi besar dan bukti nyata bagi bangsa Indonesia. Mengusung semangat atau tagline 'empowering our people's potential' yang kurang-lebih artinya memaksimalkan potensi rakyat kita. Komunitas perempuan finalis PPRI saat ini sudah menjadi komunitas perempuan yang semaksimal mungkin selalu berupaya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat luas.

Dalam rangka merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, maka YPBI turut berpartisipasi dalam bentuk aspirasinya dengan menggelar Bazaar Indonesia Merdeka yang diadakan di Mitra Terrace Jakarta 27-28 Agustus 2016.

Selama dua hari tersebut, tidak hanya sekadar membuka pameran dan penjualan produk-produk UKM yang membanggakan Indonesia, tapi juga ada kegiatan yang muda yang berkarya untuk harumkan Indonesia. Antara lain sebagai berikut:
  • Lomba Band Indie SMA
  • Lomba Fashion Show Remaja
  • Lomba Presenter SMA
  • Lomba Fashion Show Anak dan
  • Lomba Mewarnai
Selain dibuka langsung oleh menteri pariwisata Arief Yahya, juga menampilkan:
  • Pojok Badui
  • Zaskia A. Mecca & Meccanism Show
  • Ferry Ardiansyah
  • Haykal Kamil
  • Rapper Aditya Dewangga
  • UKM Binaan Indonesia
  • Bazaar Fashion & Karya Kreatif
  • Kas keliling Bank Indonesia
Senin, 28 Agustus 2016 saya penasaran dan langsung pergi ke lokasi untuk melihat-lihat pameran dan pertunjukan anak-anak muda Indonesia yang hebat dan berbakat. Salah satunya saya menikmati penampilan lomba band indie tingkat SMA. Walaupun panas, semangat anak-anak muda ini untuk berkarya dan berprestasi tak surut dalam lomba Bazaar Merdeka di Mitra Terrace Jl. Gatoto Subroto Kav.21 Jakarta.

Mereka semua dari Jabodetabek ada yang datang dari SMA Bogor, Tanggerang, Depok, dan Jakarta. Saya suka musik dan sangat menikmati penampilan mereka satu-persatu. Ini bukti bahwa mereka itu piawai dalam memainkan alat-alat musik.

Lomba Indie Band SMA Bazaar Indonesia. Dokumentasi Satto

Dilanjutkan dengan talkshow oleh bapak Eko Budi Purwanto dari PT Cahaya Mentari Sejahtera (CMS) mengangkat tema bagaimana membranding usaha khususnya UKM dengan ditemani oleh moderator mbak Wardah Fajri atau biasa akrab disapa dengan mbak Wawa. Kuncinya sih selalu berikan pengalaman unik buat konsumen agar terus berkesan. Kemudian ditutup dengan narasumber kedua yang mengangkat tema bagaimana menjaga kesehatan dan kecantikan kulit dengan produk alami sabun lulur Sekar Sari.

Menurut hemat saya, Bazaar Merdeka yang sudah digelar atas nama YPBI tidak hanya memajukan UKM Indonesia dengan produk-produk terbaiknya, tapi juga memacu ketrampilan anak-anak muda Indonesia untuk selalu berprestasi dengan lomba-lomba yang sudah dilaksanakan. Pengunjung juga bisa memperoleh manfaat atau keuntungan dengan mengikuti talkshow sesuai dengan minat dan tema yang sudah dipersiapkan selain berbelanja atau makan jajanan sehat di Bazaar Merdeka ini. Akhir kata, salam blogger. ● Dede Ariyanto

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!