Minggu, 07 Agustus 2016

Kelas Blogger Piknik ke Sukabumi

WEEKEND ini kami Kelas Blogger jalan-jalan atau piknik ke Sukabumi dulu. Dengan mengendarai mobil ayah Nurterbit dan mobilnya mas Imam. Kita semua berangkat ke Sukabumi dari Tebing Adventure (tokonya Kang Arul) Jum'at, 5 Agustus 2016 jam 12 malam dini hari. Dan alhamdulillah, sampai dengan selamat di Sukabumi subuhnya Sabtu, 6 Agustus 2016.

Kelas Blogger Mandi di Air Panas Cisolok, Sukabumi

Jadi, ada dua rombongan dengan dua mobil. Di hari berikutnya Sabtu malam, 6 Agustus 2016 disusul dua rombongan lagi dari Jakarta dan Bandung. Rombongan dari Jakarta ada bang Udin dan dari Bandung ada Fauzi beserta keluarga. Total ada empat rombongan dan empat mobil. Wih, kalian luar biasa kompak sekali. Salut!

Bagi saya pribadi, Kelas Blogger dan semua anggotanya sudah seperti keluarga sendiri. Di Kelas Blogger, semua sama. Tidak ada yang lebih senior. Tidak ada yang lebih pintar dan hebat. Semua saling mengisi dan melengkapi kekurangan masing-masing dalam hal kemampuan. Tidak ada yang lebih tinggi ilmunya. Semua sama. Kita senang-senang dan belajar satu sama lain. Seperti yang sudah diungkapkan pembina Kelas Blogger Kang Arul di video YouTube saya saat jalan-jalan ke Pangkalpinang. Silakan klik disini untuk menonton videonya.

Ada tiga pasangan blogger yang ke Sukabumi kali ini: Cahyanto dengan Istri, saya dengan istri, ayah nurterbit dengan istri dan Fauzi dengan istri. Kita pasangan blogger beristri, kamu kapan!? Eaa He he Sementara anggota Kelas Blogger lain yang ikutan: Imam, Indra, bunda Siti, Tia, Liswanti, Icha, istri Cahyanto, saya, Kang Arul, ayah Nurtebit, Kholis, Cahyanto, bang Udin, Lita, Jun, Fauzi dan istri. Wih.. rame, yah?

Guha Lalay
Sesampainya di Sukabumi, kita jalan-jalan ke Guha Lalay. Guha Lalay yang dalam bahasa Indonesia memiliki arti Gua Kelelawar ini merupakan destinasi wisata alam unik di Sukabumi yang perlu kamu kunjungi. Di Guha Lalay ini, dijumpai banyak ribuan kelelawar di langit-langit gua bergelantungan dan berterbangan. Menurut petugas yang merawat Guha Lalay, selain kelelawar juga ada ular dan biyawak di dalamnya.

Pengunjung hanya diperkenankan melihat sebatas pagar di mulut Guha Lalay. Karena terdapat ribuan kelelawar, tips dari saya sebaiknya pengunjung mengenakan masker mengingat bau dari kotoran kelelawar yang menyengat.

Kelas Blogger Jalan-Jalan ke Guha Lalay, Sukabumi

Pemandian Ari Panas Cisolok
Selanjutnya di hari yang sama.. Sabtu sore, 6 Agustus 2016 obyek wisata yang kita kunjungi berikutnya adalah pemandian air panas Cisolok, Sukabumi. Tidak hanya menyuguhkan keindahan panorama alam juga ada semburan air panas langsung dari dalam perut bumi di antara sungai.

Saya dan beberapa anggota Kelas Blogger mandi dan berendam di air panas. Menjejakkan kaki di air sungai langsung tercium kuat aroma belerang. Menurut kepercayaan warga sekitar dan medis, berendam di air panas atau air hangat yang mengandung belerang berkhasiat menyembuhkan penyakit kulit seperti exam, dermatitis, gatel-gatel atau alergi. Tapi tidak semua yang berendam di sini kena penyakit kulit. Tips dari saya kalau ke sini coba bawa telor mentah. Jika telor tersebut diletakkan di sumber air panas, maka dalam beberapa menit telor bisa matang dan siap disantap. Bagaimana, serukan?

Air Panas yang Keluar dari Dalam Perut Bumi Cisolok, Sukabumi

Asap di foto ini adalah uap bukan asap dari pembakaran atau api. Langsung hasil pancaran atau semburan air panas dari dalam perut bumi di antara sungai. Jika kamu ke Sukabumi, jangan lupa mampir ke Guha Lalay dan pemandian air panas Cisolok.

Oh iya, kita semua menginap di satu rumah saudaranya Liswanti yang ada di Sukabumi. Saya masih belum sempat buat videonya karena lagi masuk angin dan gak enak badan. Tapi udah buat trailer atau teaser-nya. Klik disini untuk menonton. Bagaimana keseruan jalan-jalan kita selanjutnya. Tetep stay tuned di sini, yah.. ● Dede Ariyanto

Jangan lupa tonton vlog kita juga, yah..

6 komentar:

  1. seru ngeliat yang dia air terjun..

    BalasHapus
  2. Keren reportasenya...
    Mana videonya waktu mandi air panas dan ada Rambo yang punggungnya ada bekas kerokan hehe...

    BalasHapus
  3. Aku pengen kepemandian air panasnya mas

    BalasHapus
  4. Aku pengen kepemandian air panasnya mas

    BalasHapus
  5. Gua lalay namanya? Begitu keluar gua langsung air dong itu..

    BalasHapus
  6. keren mas jalan-jalannya, semoga di lain kesempatan saya bisa bergabung ya ?

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!