Sabtu, 18 Juni 2016

Kuliah Online? Siapa Takut!

ZAMAN sekarang itu sungguh canggih. Hal-hal yang dulu mungkin tidak bisa dilakukan berkat kecanggihan teknologi sudah bisa dilakukan. Hal sederhana misalnya pesan makanan, pesan ojek atau taksi, kirim uang, tiket pesawat, bayar tagihan listrik, sampai belanja online, semua bisa dikerjakan lewat online.

Harusnya, sistem pendidikan kita yang ada di Indonesia sudah online juga, dong! Seperti yang sudah banyak dilakukan oleh beberapa negara maju seperti America dan Jepang. Mungkin bisa dimulai bukan dari pendidikan dasar. Harus mereka yang sudah dewasa dan sudah sadar akan tanggungjawab, hak dan kewajibannya. Ini berarti dimulai dari pendidikan S1. Setuju dong pastinya dengan opini saya.

http://majutanpabatas-onlinelearning.binus.ac.id/
Asyiknya Kuliah Bisa Kapan Aja

Berangkat dari semua itu, saya kemudian mencari tau apakah ada pendidikan online terpercaya dan berkualitas di Indonesia? Kemana lagi kalau bukan minta tolong bantuan Om Google Dan ternyata saya menemukan jawabannya, Binus Online Learning.

Kuliah online seperti ini menurut saya cocok sekali buat siapa pun, terutama kamu yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta. Dengan segala dinamika kehidupan kota metropolitan, kemacetan yang ada di mana-mana, sangat menyita habis waktu kamu seharian di jalan hanya sekadar untuk kuliah.

Makanya kemudian muncul istilah “tua di jalan” entah siapa yang pertama membuat istilah ini. Oke, kuliah memang penting. Tapi kalau semuanya bisa dilaksanakan dengan fleksibel dan online dengan hasil yang sama seperti kuliah konvensional pada umumnya syukur lebih baik kenapa tidak?

Jadi, bagi kamu yang siang harinya bekerja waktu malam bisa digunakan dengan baik untuk kencan untuk istirahat tanpa harus kuliah dengan mengambil kelas karyawan ataupun kuliah malam hari. Sehingga kerjaan kamu tetap bagus dan tak kena omel bos karena begadang atau ngantuk malamnya.

Kapan Lagi Kuliah Bisa Dengerin Musik Begini

Ambil contoh perusahaan Google, mereka adalah perusahaan terbaik dan terbesar saat ini di dunia. Lihatlah semua karyawan mereka, mereka dibebaskan tidak harus menggunakan baju kantoran. Fasilitas full tanpa batas. Ada game PS atau olah raga lain dalam kantor. Google percaya bahwa bukan rutinitas atau aturan yang mengikat, tapi yang terpenting adalah hasil kerja para karyawannya.

Ini saya kira berlaku buat kuliah online. Kita tidak harus lagi masuk kuliah. Semua bisa dilakukan online menggunakan sistem terpadu Learning Management System (LSM) yang terintegrasi untuk membangun jaringan interaksi antara mahasiswa dengan mahasiswa, mahasiswa dengan dosen dan mahasiswa dengan pembimbing akademis (PA). Seperti yang sudah diterapkan oleh Binus Online Learning.

Adapun bentuk proses belajar-mengajar tidak jauh berbeda dengan kuliah pada umumnya, semua bisa dilakukan dalam forum, seperti: mengerjakan tugas individu atau kelompok, bahkan mahasiswa masih bisa melakukan interaksi dengan dosen tanpa batas. Tersedia juga video conference, dan modul video pembelajaran. Semua ini masih bisa dilakukan secara online, loh.

Tapi perlu diingat, masuk kuliah atau tatap muka di ruang kelas masih tetap diperlukan terbatas pada saat awal masuk perkuliahan pertama, pembahasan kasus, diskusi pemantapan pemahaman materi kuliah, dan saat ujian. Selebihnya dari itu bebas bisa dikerjakan secara online, jadi tidak tiap hari masuk kelas. Saat ujian setiap mahasiswa harus datang ke Binus University Learning Community (BULC) atau ke kampus BINUS.

Kerja Sambil Kuliah Kenapa Tidak!

Oh iya, Binus University Learning Community saat ini sudah tersedia di empat kota besar yang ada di Indonesia diantaranya, Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi dan tidak menutup kemungkinan akan dibuka juga di kota besar Indonesia lainnya. Nah, kamu bisa menyesuaikan dengan kota terdekat tersebut di atas.

Kuliah online ini pastinya cocok sekali bagi kamu para pekerja profesional, entrepreneur, ibu-ibu rumah tangga tanpa terkendala dengan waktu dan tempat. Dengan kuliah di Binus Online Learning, kita bisa kuliah kapan saja dan dimana saja. Dengan begitu kita bisa #MajuTanpaBatas. Akhir kata, salam blogger. ● Dede Ariyanto

5 komentar:

  1. iya ay canggih mau kuliahpun bisa dari rumah, cocok buat ibu2 yang masih mau belajar dan gak bisa banhyak keluar rumah

    BalasHapus
  2. Kalo gw yg kuliah online kayak nya ngak lulus2 #Pemalas hahaha

    BalasHapus
  3. aku takut kuliah online nanti gak bisa ketemu adik tingkat yang unyu-unyu dongg #ehh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kuliah atau nyari gebetan hahaha

      Hapus
  4. Kuliah kan sekalian buat ngeceng yang cakep-cakep ya, kalo online nanti ga bisa liat yang cakep-cakep dong #eh

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!