Rabu, 01 Juli 2015

Cipika Books, Bayar Satu Kali Baca Sepuasnya

SEKARANG ini bukan zamannya lagi nenteng buku ke mana-mana. Kamu yang merasa pecinta buku sejati atau kutu buku asal jangan kutu kumpret aja kali yah Teknologi sekarang udah semakin maju dan canggih. Sembari nunggu waktu berbuka puasa, nunggu Kereta datang atau nunggu antrian tiba, mendingan baca buku di tablet atau smartphone kamu jauh lebih asyik. Emang bisa? Bisa dong, makanya baca terus sampe habis yah.
Halaman Website Cipika Books

Sudah tau belum kalau Indosat baru saja soft launching Cipika Books? Yang jelas bukan cipika-cipiki loh apalagi cipokan #ups Jadi gini, kemarin itu kan aku sempat datang di acara soft launching Cipika Books, tempatnya ada di Sona Topas Tower Lt.12A, Kamis, (15/06/2015).

Sebenarnya apa sih Cipika Books? Mungkin ini kali yah yang menjadi tanda tanya besar buat kamu yang baca judul artikel ini. Penjelasan gampangnya seperti ini, Cipika Books itu sama halnya berlangganan buku berbasis online. Di sana kamu bisa membaca buku apa saja yang kamu suka dan kamu mau. Terdiri lebih dari 500.000 koleksi judul buku dari berbagai negara dan bahasa, termasuk bahasa Indonesia. Wih..bangga, kan? Karena baru soft launching jangan kaget yah baru ada sedikit koleksi buku yang menggunakan bahasa Indonesia. Maklumi sajalah, semoga nantinya segera menyusul lebih banyak lagi buku-buku yang berbahasa Indonesia.

Cipika Books juga sudah menjalin kemitraan dengan para penerbit besar. Diantaranya ada Mizan Media Utama, Bentang Pustaka, Trimuvi, penerbit Rosda, dan Zikrul Hakim Bestari. Eh ternyata di acara ini pak Syahrir dari Mizan ikutan gabung juga. Serunya lagi selain kamu bisa menjadi pembaca kamu juga bisa menjadi penulis di Cipika Books loh. Gimana, menarik bukan? Masa masih ragu, apalagi Cipika Books dikelola penuh oleh Indosat. Salah satu operator terbesar di Indonesia.

Namanya juga berlangganan, pastinya bayar dong untuk membacanya masa gratis nanti siapa yang bayar penulis sama penerbit. Kasian dong mereka Mbak Warih Satyarini selaku product development team Cipika Books menjelaskan ada dua model pembayaran. Pertama, Paket Standar seharga Rp 39.000/ bulan dan Paket Premium Rp 59.000/ bulan.
Mbak Warih Satyarini Sedang Menjelaskan Cipika Books

Tapi kalau kamu pengen mencobanya tenang aja karena Cipika Books sedang ada promo tuh sampai 31 Agustus 2015. Apalagi paket promonya yang premium lagi. Mulai deh melekkan kalau denger yang promo dan gratis-gratis Begitu hebatnya dua kata ini. Caranya silakan klik aja di sini

Kembali ke masalah sewa paket berlangganan yah. Gagal fokus gara-gara bahas promo dan gratisan Apa sih bedanya antara Paket Standar sama Paket Premium? Bedanya, kalau kamu hanya bayar langganan yang paket pertama kamu hanya bisa baca-baca buku standar aja, tidak untuk buku-buku premium. Kategori buku-buku premium itu buku yang ditulis oleh orang-orang terkenal, buku terlaris atau buku-buku yang memiliki predikat best-seller. Dari tadi kita ngomongin buku, emang buku beneran yah? Yap, buku beneran yang benar-benar diterbitkan hanya versinya saja dalam bentuk digital.

Saat acara berlangsung ada games, aku dan teman-teman blogger lain diminta cepat-cepatan membuat akun di Cipika Books, tiga orang tercepat akan mendapatkan door prize berupa tas dari Cipika. Secara aku buat akun dari rumah curi start lebih dulu, terang saja aku langsung maju dan dapat tas dari games ini
Aku Pake Kaos Orange cakep, kan? Foto Dapat Door Prize dari Cipika Books

Intinya untuk bisa berlangganan dan membaca buku-buku di Cipika Books pertama-tama kamu harus membuat akun terlebih dahulu di Cipika Books. Caranya dengan membuka alamat https://cipika.co.id/books Arahkan cursor mouse pada pojok kanan atas tepatnya pada menu “Sign Up.” Isikan data diri singkat pada kolom formulir pendaftaran: Nama lengkap, alamat, e-mail, sandi dan jangan lupa berikan tanda centang pada “I agree to Term Conditions & Privacy Policy,” sebagai tanda persetujuan kamu terhadap syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum menekan tombol button “Sign Up” yang berwarna merah. Itu syarat pertama.
Proses Pendaftaran Akun di Cipika Books

Terus syarat kedua, kamu harus punya gadget dong pastinya. Yaiyalah ada-ada aja, baca buku dari mana kalau gak ada gadget. Tenang..masih bisa diakses pake komputer warnet atau rental kok bagi yang gak punya Bagi yang punya gadget baik itu Android, iOS dan Windows Phone bisa langsung meluncur ke App Store masing-masing untuk mendownload aplikasi bernama “Bookmate” (tanpa tanda kutip dua) di kolom pencarian App Store. Habis instal Bookmate akan diminta registrasi ulang untuk akun Bookmatenya, saranku samakan saja sandinya dengan akun yang ada di Cipika Books agar mudah diingat. Kalau bisa registrasi menggunakan nomor Indosat yang pastinya banyak benefit yang bakal kamu dapetin ke depannya.

Kalau sudah dapat kode promonya, pengalamanku gak bisa masukin kode voucher pada aplikasi Bookmate di iPhone, karena pasti akan didirect (diarahkan) ke akun Apple ID kita. Iya kalau ada saldonya, kalo gak ada hanya bisa gigit jari Ceritanya kita kan mau pake gratisan lewat kode voucher promo. Maka paling gampang aman dan gak ribet langsung aja akses dan login dengan akun Bookmate yang sudah dibuat tadi, alamat websitenya ada di https://bookmate.com masukan deh kode voucher pada akun profil, setingan, dan berlangganan seperti pada gambar berikut ini. Tentunya setelah login yah. Kebetulan saya menggunakan setingan bahasa Indonesia guna mempermudah dan lagi hanya mereka yang menggunakan setingan bahasa Indonesia saja maka buku berbahasa Indonesia bisa muncul dalam display library aplikasi Bookmate. Daripada bingung bayangannya silakan lihat gambar di bawah ini.
Proses Memasukan Kode Voucher Menggunakan Website Bookmate

Setelah mencoba aplikasi Bookmate, kurang lebih lima hari sejak soft launching melalui kode voucher promo dari Cipika Books, banyak benefit atau keuntungan yang bisa kita dapatkan di antaranya sebagai berikut:

# Bayar Satu Kali Baca Sepuasnya
Kalau di toko buku kita bayar satu kali untuk membeli satu buku. Tapi di Cipika Books, berlangganan satu kali bisa baca buku sepuasnya. Tidak ada batasan (unlimited) dan tidak hanya buku-buku dari Indonesia juga ada buku-buku terbaik dari luar negeri. Dengan catatan masih masuk periode langganan yah. Terus bagaimana jika masa berlangganan kita sudah habis? Ya pesan atau order ulang dong Sesuai yang sudah aku jelaskan masa berlangganan ada yang satu bulan ada juga yang satu tahun loh. Jadi bisa lebih santai dalam membaca koleksi buku-buku digital kita tidak diburu-buru. Kalau dihitung-hitung juga jatuhnya lebih murah.

# Bisa Dibaca Offline
Ketika kita sudah menandai sebuah buku ke dalam perpustakaan digital aplikasi Bookmate kita, maka secara diam-diam atau background system, aplikasi Bookmate akan mendownload buku tersebut tanpa kita sadari ke perangkat yang kita gunakan. So, hasilnya ketika tidak ada koneksi internet sekali pun kita masih bisa membaca koleksi buku kita.
Ilustrasi Sedang Membaca Buku di Aplikasi Bookmate Secara Offline

# Fitur Social Activity dan Fashionable Feed
Hadirnya fitur ini sangat menyenangkan dan berguna sekali bagi para pembaca buku di Bookmate. Kita bisa mencari teman (followers) atau kita bisa diikuti oleh pembaca buku lain (following). Udah kaya Twitter aja nih Saat sedang membaca buku, apabila ada kalimat atau paragraf yang sangat inspiratif kita bisa menandai (highlight) kalimat atau paragraf tersebut dan mensharenya ke akun sosial media kita yang sudah terintegrasi. Dengan cara yang sama pula, saat menandai kalimat atau paragraf kita juga bisa menyimpan kutipan atau menandai halaman baca yang bisa dilanjutkan di lain waktu.
Dokumentasi Pribadi Hasil Rendering Print Screen Bookmate di iPhone 5

# Praktis dan Nyaman
Bayangkan, hanya dalam genggaman gadget kita tidak hanya bisa membawa satu buku bahkan beberapa buku sekaligus tanpa beban seperti membawa buku aslinya. Aku sangat mendukung penuh program Cipika Books dan sangat mengapresiasi apa-apa yang sudah dilakukan oleh Cipika Book.

Udah segitu aja reviewnya, tunggu apalagi kalau kamu memang suka baca segera aja meluncur ke website Cipika Books https://cipika.co.id/books mumpung masih ada promo kapan lagi kalau bukan sekarang.
Seperti Biasa Ritual Foto Bersama Blogger dan Cipika Books Team

0 komentar:

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!