Minggu, 15 Maret 2015

Kopdar Akbar KSGN: Untuk Pendidikan Indonesia yang Lebih Baik


 KSGN? Mungkin masih banyak yang belum familier dengan komunitas tersebut. Wajar saja, mengingat usianya yang baru berumur satu tahunan. Walau masih berumur satu tahun, sejak berdiri pada Februari 2014 sudah berhasil mengadakan acara di 10 kota besar Indonesia. Apa yang membuat komunitas ini begitu besar dalam waktu singkat? Tidak lain adalah niat tulus tanpa pamrih blog untuk pendidikan.


Pada hari Minggu (15/3), bertempat di Gedung Indosat Jl. Medan Merdeka Barat 21 lantai 4, Jakarta. Komunitas Sejuta Guru NgeBlog (KSGN) bersama Indosat ICITY forum dan didukung oleh Indosat mengadakan Kopdar Akbar Guru blogger nasional. Tercatat kurang lebih 300 peserta hadir dalam acara tersebut. Tidak hanya dari Jabodetabek, juga dari luar kota dari Bandung, Surabaya, Indramayu dan Palembang.

Amin AB Ibnu Solihin adalah penggagas acara kopdar akbar dan sekjen komunitas KSGN. Dalam sambutannya, komunitas ini bisa berkembang cepat berkat niatan tulus blogger untuk pendidikan. Semua trainer dari komunitas KSGN tidak dibayar alias gratis. Adanya kesamaan niatan tersebut membuat komunitas ini terbentuk.

Berbarengan dalam kopdar akbar tersebut, dilaunching juga komunitas Guru Era Digital (GED). Adapun penggagas dari komunitas GED adalah Om Jay yang juga founder KSGN.

Menghadirkan bintang tamu pakar IT Indonesia Ono W Purbo dan Guru Era Baru (Guraru) berprestasi Dedi Dwigatama, Amiroh Adnan, dan Muhammad Subakri.

Menurut Dedi Dwitagama, selaku Guru, blogger dan trainer, Guru ngeblog itu bisa menghasilkan. Tidak hanya materi, menurutnya berkat pengalaman ngeblognya selama ini, dirinya bisa berkeliling Indonesia bahkan ke luar negeri, bertemu dengan orang-orang penting, diliput media dan masuk televisi.

Sedangkan menurut Amiroh Adnan dalam presentasinya, Guru ngeblog juga harus spesifik. Dengan content blog yang spesifik, pengunjung blog atau siswa akan lebih mudah dalam menemukan blog-blog Guru yang sesuai dengan bidang atau ahlinya.

Koneksi Internet di kota mungkin bukan masalah berarti buat Guru dalam menulis di blog, mengingat koneksi di kota lebih baik. Bagaimana dengan Guru yang tinggal di kota. Salah satu trainer Guru blogger dari Lumajang bercerita pengalamannya bahwa keterbatasan bukanlah alasan atau kendala untuk Guru ngeblog. Berikut video liputan kopdar akbar Guru blogger nasional bersama Indosat ICITY.


0 komentar:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

BloggerCrony Community

Indoblognet

Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog