Rabu, 05 Juni 2013

Klik Liputan6.com Situs Berita Online Tercepat di Indonesia

MEMILIH situs berita online di Indonesia memang gampang-gampang susah. Mengapa demikian? Pasalnya terdapat puluhan situs berita online yang ada di Indonesia. Pembaca berhak memilih dan memutuskan untuk setia dengan satu situs berita yang dimaksud. Ada situs berita yang menghadirkan berita terbaru yang selalu up to date setiap menit, namun sayang banyak kata atau paragraf yang mengalami pengulangan sama pada pemberitaan sebelumnya. Kata anak jaman sekarang, istilahnya copy-paste. Yang dikejar hanya cepatnya saja tanpa memperhatikan bahwa pembaca jenuh dengan paragraf atau kalimat yang diulang-ulang.

Lantas bagaimana mencari situs berita di internet yang menghadirkan berita aktual tajam dan terpercaya? Satu jawabannya ada pada liputan6.com. Berikut alasan saya menyarankan atau merekomendasikan liputan6.com.

Menurut saya, yang sudah baik dilakukan oleh liputan6.com adalah pemilihan warna dominan putih pada sebagian besar halaman liputan6.com, merupakan pilihan yang sangat tepat. Putih banyak digunakan juga pada halaman situs berita online baik dalam dan luar negeri. Bahkan Google sendiri memilih menggunakan warna putih untuk background dasarnya. Warna putih juga memberikan efek nyaman pada mata jika membaca dalam waktu lama, bisa dibayangkan jika warna dominan merah terang. Tentu mata pembaca akan cepat lelah, terlebih bagi mereka yang sudah lanjut usia.

Minimalisasi header yang hanya digantikan dengan menu atau kanal berita merupakan cara bijak guna mempercepat loading atau proses terbukanya situs liputan6.com. Header atau kepala berita yang berisi gambar membuat halaman situs menjadi lama terbuka saat diakses. Itu tidak ditemui pada liputan6.com. Terlebih jika menggunakan media flash player, karena tidak semua pengunjung atau pembaca situs berita bisa dengan lancar melakukan update atau mengunduh flash player.

Otomatisasi web portal berbasis seluler langkah jitu guna mempercepat proses loading situs berita liputan6.com. Ini penting bagi pembaca atau pengunjung, karena dengan demikian ketika pembaca mengakses alamat lengkap www.liputan6.com atau hanya liputan6.com akan menyesuaikan secara otomatis dengan layar smartphone atau dalam bentuk format tampilan ponsel dengan alamat m.liputan.com, tanpa perlu lagi pengunjung mengawali dengan menulis huruf "m" (tanpa tanda kutip) di depan domain atau alamat liputan6.com misalnya m.liputan6.com. Dengan dukungan berbasis seluler tersebut pengunjung tidak direpotkan pinch maupun zooming halaman liputan6.com bagi yang sudah memiliki handphone layar sentuh, cukup langsung bisa membaca isi berita dengan cara memilih berita yang diinginkan saja.

Proses pengujian pun saya lakukan pada beberapa jenis smartphone yang ada. Lihat gambar nomor satu di bawah, saya menggunakan iPhone 4S untuk mengujinya. Wah berarti saya kaya dong punya banyak ponsel? Tidak, bahkan saya hanya punya handphone jadul merek Sony Ericsson C510 saja. Untuk bisa mengujinya saya harus hujan-hujanan mengunjungi Emax MyCampus yang ada di kampus Atma Jaya Yogyakarta, disana ada display iPhone 4S. Kemudian tanpa menyia-nyiakan waktu dengan sigap saya coba dan saya capture halaman liputan6.com kemudian kirim email saya dan akhirnya saya bisa tampilkan di dalam blog ini. Niat banget kan?

Yang kedua, pengujian selanjutnya saya menggunakan Samsung Galaxy Ace, lihat gambar di bawah lagi nomor dua. Lagi-lagi saya meminjam. Kali ini saya meminjam smartphone teman saya bernama Wawan, kebetulan dia punya Android. Saya penasaran saja jadi harus menguji secara langsung tampilan di iOS dan Android.

Yang ketiga, saya menggunakan handphone saya sendiri Sony Ericsson menggunakan browser opera mini versi 5.1. Apesnya, pulsa internet sudah habis sehingga saya harus ke warung pulsa dulu untuk beli pulsa dan daftarkan paket internet dan ternyata hasilnya sama alamat liputan6.com akan secara otomatis berubah menjadi tampilan seluler. "Good!", dalam hatiku.

Yang keempat, masih juga diliputi rasa penasaran, saya harus mencoba secara langsung liputan6.com di OS BlackBerry. Lagi-lagi saya pun meminjam kawan saya Farichatul Jannah, dia bersedia untuk dipinjamkan BlackBerry kesayangannya. Kebetulan BlackBerry-nya seri 9220 atau biasa disebut dengan seri Davis. Sudah menggunakan OS 7.1 pula. Saya buka liputan6.com ternyata hasilnya sama dalam bentuk tampilan seluler. Ini bagus, karena dengan melakukan pengujian empat smartphone sekaligus yang berbeda hasilnya sama dan cepat dalam mengakses situs berita terkini liputan6.com.

Mengakses Liputan6.com Via Smartphone

Selain menyediakan berita terkini, liputan6.com juga menyediakan kategori menu atau kanal berita yang bisa menginspirasi atau bermanfaat bagi pembaca semua. Kurang-lebih ada sebelas kanal berita, diantaranya adalah: News, Bisnis, Bola, Showbiz, Tekno, Health, Foto, Video, Streaming, Deal dan Citizen Journalist.

Bagi saya pecinta teknologi suka sekali dengan kanal Tekno. Karena kanal ini sangat penting bagi saya, bisa menginspirasi atau memuat bahan menulis saya. Kanal ini menyediakan informasi atau kabar terbaru perkembangan teknologi baik gadget terkini, atau kabar dunia komputer.

Menariknya, ada juga kanal Citizen Journalist (pewarta warga). Disini pembaca bisa mewartakan kejadian penting atau berita hari ini yang terjadi di sekitar kita. Dengan begitu berita yang sudah kita kirim bisa dibaca oleh banyak orang bisa dalam bentuk teks, foto maupun video. Untuk informasi lengkapnya silakan klik disini saja yah.

Ketika pengunjung membaca atau memilih satu berita, asyiknya di bagian kiri kanan terdapat berita terkait dimana pembaca tinggal mengarahkan pointer mouse pada simbol lebih besar atau kurang dari yang terlihat jelas di sisi kiri-kanan berita. Berbeda ketika saya membuka situs berita online lainnya, berita terkait sering muncul zig-zag secara otomatis muncul dan hilang pada bagian kanan bawah jika hampir selesai menyekrol situs berita tersebut.

Di Indonesia sendiri kurang lebih ada sepuluh situs berita online ternama. Jika dirangking adalah sebagai berikut. Peringkat pertama tidak bisa kita pungkiri diperoleh oleh Detik.com, peringkat dua diperoleh Kompas.com, peringkat tiga oleh Viva.co.id, Okezone.com, Kapanlagi.com, Tempo.co, Liputan6.com, Republika.co.id, Antaranews.com dan Metrotvnews.com.

Data tersebut diambil berdasarkan situs statistik terkenal Alexa.com. Disana saya melakukan pemetaan rangking dengan cara menginput satu-persatu sepuluh situs berita online tersebut. Sayang liputan6.com hanya memperoleh rangking ke-tujuh dari rangking sepuluh situs berita online di Indonesia. Untuk lebih jelasnya bisa lihat daftar tabel Microsoft Excel bahkan sudah saya buatkan dalam bentuk diagram guna memudahkan pembacaan tabel yang sudah saya sajikan di bawah ini. Data tersebut diambil pada tanggal 3 Juni 2013. Pertama adalah keterangan Sites Linking In ini adalah jumlah banyaknya situs atau web yang memasukan link berita pada halaman web atau blog pengunjung. Sedangkan, Traffic Rank In ID adalah rangking situs berdasarkan regional di negara kita Indonesia. Ada juga, Alexa Traffic Rank adalah rangking situs yang dipredikatkan oleh Alexa sendiri. Tidak puas sampai disitu, saya pun menggunakan situs pembaca rekam jejak pengunjung setiap harinya menggunakan situs Statshow.com dengan hanya menginputkan satu-persatu alamat sepuluh situs berita online maka kita sudah bisa melihat jumlah pengunjung setiap harinya dengan keterangan pada kolom Daily Visitors. Untuk liputan6.com hanya memperoleh total kunjungan sebanyak 49.576 pada tanggal 3 Juni 2013 paling besar diperoleh oleh Detik.com dengan total 2.180.241. Jika dilakukan penghitungan ulang kembali mungkin data tersebut masih sama atau berubah tergantung dinamisme masing-masing situs.

Grafik 10 Besar Situs Berita Online di Indonesia
Meskipun begitu saya kemudian melakukan uji kecepatan atau performa dari ke-sepuluh situs berita online tersebut. Uji kecepatan disini adalah menguji seberapa cepatkah atau ringan masing-masing situs berita tersebut ketika diakses menggunakan browser. Untuk bisa melakukan itu semua, ada tiga komponen yang saya siapkan. Pertama, stopwatch digunakan untuk keakuratan dalam penghitungan dengan penilaian situs tersebut benar-benar selesai loading sempurna. Yang kedua, saya menggunakan browser Mozilla Firefox dengan pengaturan mematikan atau mendisable rekam jejak seperti history dan cache agar diperoleh hasil independen atau adil tidak ada kecurangan atau manipulasi video editing. Editing dilakukan hanya secukupnya saja. Untuk koneksi internet, pernah menggunakan akses modem namun hasilnya kurang cepat sehingga saya kemudian memutuskan untuk menggunakan akses internet via Wireless saja. Mencengangkan ternyata, situs yang paling cepat diakses adalah liputan6.com benar-benar di luar dugaan saya. Untuk lebih jelasnya silakan tonton sendiri videonya sudah saya upload di YouTube di bawah ini atau langsung download disini jika ingin menonton lebih jelasnya.

Video Uji Kecepatan Browser Membuka Situs Berita Liputan6.com

Rasanya tidak fair jika sedari tadi saya hanya mengulas keunggulan dan kelebihan liputan6.com. Sudah baik memang, namun ada yang harus ditingkatkan lagi. Menurut saya meskipun liputan6.com ketika diakses menggunakan smartphone halaman langsung menyesuaikan tampilan seluler, perlu adanya aplikasi khusus yang bisa didownload untuk sistem operasi smartphone. Saat ini hanya ada tiga sistem operasi smartphone yang banyak digunakan. Diantaranya adalah, iOS disusul Android dan BlackBerry. Akan lebih baik jika liputan6.com menyediakan alamat download aplikasi tersebut di situsnya, sehingga pembaca tidak perlu lagi membuka atau mengetikan alamat liputan6.com secara manual karena sudah ada aplikasi yang khusus membuka alamat liputan6.com secara mudah.

Pengetikan pada kolom pencarian di situs liputan6.com kurang lebar, pengunjung tidak bisa membaca kata pencarian yang sudah diketik. Pada smartphone memang tidak ada masalah, namun ketika dibuka dengan laptop atau PC kurang lebar. Adapun fungsi dari kotak pencarian tersebut, memudahkan pembaca tentunya dalam mencari berita langsung sesuai dengan apa yang sudah diketikkan. Untuk lebih jelasnya bisa melihat capture gambar di bawah ini.

Gambar Kotak Pencarian Liputan6.com

Foto slider pada halaman utama atas terlalu besar. Ini tidak baik, karena membuat loading atau proses terbukanya situs liputan6.com menjadi lama. Meskipun secara uji kecepatan sudah nomor satu. Terlebih terdapat lima halaman yang bergantian secara otomatis. Baiknya lebih diperkecil lagi untuk ukuran foto dan video atau menggunakan script code jQuery yang lebih ringan lagi. Gambar atau foto yang berukuran besar juga terlalu lebar ketika dibuka menggunakan smartphone, sedikit mengganggu.

Untuk judul berita yang ditanyangkan terlalu singkat hanya memuat isi judul dengan format font bold (tebal) berwarna biru. Akan lebih baik lagi jika disertakan juga deskripsi singkat maksimal tiga baris agar berita tersebut menarik pengunjung situs untuk membaca kelanjutan dari isi berita tersebut.

Baiknya disediakan juga button pilihan bahasa asing misalnya bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di sisi kanan atas menu atau kanal berita. Tetapi bukan pengalihan menggunakan Google translator, karena hasil terjemahan Google translator belum maksimal atau masih kacau. Adapun fungsinya adalah ketika pembaca mengklik button bahasa Inggris maka semua teks atau isi berita berubah menjadi bahasa Inggris. Ini sangat penting, sehingga kedepannya tidak hanya pembaca dari dalam negeri saja namun sudah merambah ke luar negeri. Tetapi memang sedikit repot, karena pengelola situs atau administrator harus membuat data base dengan dua bahasa sekaligus yaitu bahasa Inggris dan Indonesia, tetapi jika dilakukan secara team maka akan mudah. Itu saja mungkin dari saya, salam blogger sekian dan terimakasih.

2 komentar:

  1. dari peringkat ke tujuh, bakal jadi 3 besar neh setelah lomba

    BalasHapus
  2. Bener bangets mas, karena trafik kunjungan situs akan jauh lebih meningkat. Trimakasih sudah berkunjung ^_^

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Cuit-Cuit Yuk!