Senin, 26 September 2016

Clash of Dynasty Game, Game Strategi Tanpa Repot

SEKARANG ini apa yang tidak bisa dilakukan oleh ponsel cerdas bernama smartphone. Dalam kehidupan sehari-hari, hampir semua kebutuhan bisa terpenuhi oleh smartphone. Mulai dari isi pulsa listrik, air, kirim-terima uang, pembayaran, pesan tiket, jual-beli, sampai pesan ojek pun sudah bisa dilakukan.

Begitu juga dengan game, perkembangannya sungguh luar biasa. Jadi teringat masa kecil dulu, game paling populer yang dimainkan adalah jenis game keluaran Nintendo. Itu pun harus dimainkan melalui konsol game. Sejenis stick game dan kelengkapannya termasuk kaset-kasetnya. Saat itu yang punya masih sedikit, hanya beberapa orang saja. Dalam satu lingkup RT, masih bisa dihitung jari berapa keluarga yang memiliki.

Ilustrasi Game Clash of Dynasty di iPhone.

Tak lama setelah handphone masuk Indonesia, masih ingat dulu dengan game ular yang satu warna hitam-putih? Jadi game favorit di handphone Nokia. Itu pun belum banyak yang punya. Saat itu handphone masih dianggap barang mewah oleh banyak orang.

Baru setelah handphone jadi kebutuhan pokok dan bukan lagi barang mewah, hingga perusahaan Telkom gulung tikar atau lebih tepatnya bergeser ke lini bisnis lain karena perkembangan handphone yang tak terbendung lagi. Dengan harga satu jutaan saja, semua orang sudah bisa membeli smartphone yang bisa diinstal game-game keren. Kurang lebih tiga tahun terakhir ini, smartphone mengalami perkembangan yang luar biasa dalam hal game.

Salah satunya adalah game yang baru-baru ini dirilis oleh MOGA yakni game Clash of Dynasty (COD) bertempat di Loop Station, Mahakam, Jakarta (20/9/2016). Game ini mudah untuk dimainkan dengan kondisi layar yang bisa dimiringkan dengan sedikit tombol. Sehingga sensasi dan kepuasan bermain jauh bisa dirasakan. Kuncinya ada pada strategi memainkan game ini, bukan keahlian dalam memainkan keyboard seperti game-game kebanyakan di personal computer (PC).

Clash Of Dynasty - Trailer.

Saat ini baru tersedia di Google Play Store, sementara belum tersedia untuk perangkat iPhone. Kabar baiknya, MOGA pun akan segera merilis ke Apps Store tidak lama setelah resmi masuk Google Play Store. Jadi, pengguna iPhone harap bersabar dulu.

Permainan game ini selain hadir dengan visual grafis yang mengagumkan, juga diadaptasi dari latar belakang peradaban kuno yang hilang, Atlantis. Beberapa referensi, penelitian, dan buku ada yang menyebutkan bahwa keberadaan Atlantis itu ada di Indonesia.

Clash of Dynasty (COD) merupakan permainan game yang misterius dan penuh dengan kekuatan dari peradaban Atlantis. Sebuah kehidupan, di mana seseorang dapat mengendalikan semua jiwa-jiwa. Tidak hanya itu, juga unsur-unsur alam seperti petir, api, angin dan es, yang bisa dikendalikan. Dalam permainan ini, pemain bak seorang pangeran yang bisa merekrut berbagai jenis pasukan dengan memasang strategi khusus untuk melawan atau menghancurkan basis musuhnya.

Serunya bermain game ini karena bisa dimainkan secara online bersama-sama dengan gamer lainnya. Gamer bisa unjuk kebolehan dengan pengguna lain dengan cara mengadu kekuatan dan bertarung untuk mendapatkan lebih banyak sumber daya. Eksplorasi, petualangan, quest, dan pertempuran menjadi satu dalam permainan ini.

Representasi Para Pemain Clash of Dynasty Saat Launching.

Dalam permainan ini, terdapat kartu untuk memperkuat sistem. Setiap pengguna dapat meningkatkan kekuatan mereka dengan upgrade kartu (membeli). Setiap kartu memiliki strategi permainan yang berbeda-beda.

Kartu atau item game bisa dibeli dengan mudah menggunakan pembayaran credit card, atau ATM transfer. Jika tidak memiliki credit card atau malas melakukan ATM transfer dan kebetulan lagi nongkrong di salah satu penjualan kartu game berikut ini, maka kita bisa membeli dengan cash pada jaringan Alfa Group yang meliputi Alfa Mart, Alfa Midi, Lawson, dan Dandan. Bisa juga melalui Indomaret, 7-Eleven, Unipin Wallet, Indomog Wallet, Upoint, Mimopay, dan DOKU.

Masih malas ke tempat tersebut di atas, tidak punya credit card dan malas ATM Transfer? Tenang, masih bisa melakukan pembelian kartu atau item game menggunakan pembayaran melalui akun Google Play dengan metode pembayaran melalui potong pulsa langsung. Istilah ini disebut dengan direct carrier billing yang meliputi tiga operator besar seluler yang ada di Indonesia dan satu jaringan seluler CDMA yakni Telkomsel, Indosat, XL, dan Smartfren.

Game ini sudah bisa didownload dan diinstal secara gratis dengan kapasitas 80,60 MB. Di Google Play Store tertulis statusnya memang masih (unreleased). Maklum masih baru launching, tapi tenang saja, meskipun begitu sudah bisa didownload dan dimainkan. Hanya saja mungkin belum stabil.

Apa itu singkatan dari MOGA yang merilis game ini? Menurut Ferrij Lumoring, Chief Technology Officer MOGA menjelaskan, MOGA diambil dari Mobile Game Addicted. Sebuah game platform lokal yang mendorong perkembangan mobile game Indonesia dengan dukungan dari stakeholder.

Memiliki visi yang sangat bagus yakni membantu developer game tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari belahan dunia manapun untuk bersama-sama mendapatkan akses payment channel. Juga didukung penuh dengan infrastruktur, media promosi, dan pengembangan komunitas untuk game mereka.

Tentu game Clash of Dynasty (COD) ini karena dikembangkan dengan menggandeng komunitas dan pecinta game, bisa dipastikan permainan yang dihasilkan jauh lebih seru, menarik, dan menyenangkan. Selain mempertemukan gamer dalam komunitas, kedepannya MOGA akan mengadakan kopi darat (kopdar), liga atau kompetisi game. Kabarnya jika tidak ada halangan akan segera launching lagi game baru Tanks Strike dari MOGA bulan November 2016. Kita tunggu saja kabar terbarunya. ● Dede Ariyanto

2 komentar:

  1. hadeuuh ada game baru lagi mas.. yg COC kemaren aja bikin nyandu papah.. semoga kalo COD gak bikin nyandu.. BTW COD kaya lagi janjian bwlanja online ya gan hehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!