Thursday 28 March 2024

AMD Bikin Inovasi Prosesor dan CPU Data Center Pakai Artificial Intelligence (AI)

SAAT ini gila sih perkembangan teknologi di luar nalar. 😱 Hal-hal yang dulu sepertinya nggak mungkin, sekarang jadi mungkin. Salah satu update teknologi sekarang yang lagi ramai dibicarakan adalah Artificial Intelligence yang biasa orang sebut AI.

Apa yang bisa dilakukan dengan AI? Banyak. Aku kasih contoh, gampangnya e-tilang atau tilang elektronik. Dengan teknologi AI komputer di dalamnya mampu mengacak data baik plat nomor kendaraan, pemilik kendaraan, hingga data sensitif seperti alamat rumah, dan nomor telpon pemilik kendaraan. Itu contoh penggunaan AI dalam layanan publik. Itu hanya satu contoh penggunaan AI dalam kehidupan sehari-hari ya guys dan masih banyak lagi teknologi AI yang sekarang mulai diterapkan.
(Event AMD Media & Blogger Update)

Beruntungnya aku, bisa ikut buka bersama di acara AMD Media & Blogger Update yang diadakan di Sentosa Seafood Senayan, Senin, 25 Maret 2024 lalu.

Dalam acara itu hadir juga mas Brando Lubis, selaku Commercial Lead AMD Indonesia menyampaikan bahwa AMD terus berkomitmen untuk terus berinovasi khususnya implementasi teknologi yang sejalan dengan kebutuhan pasar. Persaingan ketat menuntut bisnis untuk mampu beradaptasi dengan digitalisasi sehingga dapat bertahan.

Untuk itu, perlu solusi komputasi yang handal dan efisien yang dapat mendukung pengambilan keputusan. Kehadiran teknologi kecerdasan artifisial / AI dapat mempercepat waktu beban kerja, memperluas jangkauan, dan bahkan penurunan biaya operasional yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis dan pengguna.

Kedepannya, melihat perkembangan teknologi yang semakin pesat, teknologi AI tetap menjadi teknologi yang menarik dan menjanjikan untuk dapat diterapkan di berbagai bidang dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk menyesuaikan diri dengan perubahan yang ada dan yang tak kalah penting adalah dengan mempersiapkan perangkat teknologi pendukung AI yang handal sehingga mampu memberikan kinerja optimal di tengah tuntutan beban komputasi yang tinggi pula.

Setidaknya, dalam acara tersebut aku nangkap tiga point yang juga termasuk fact sheet: Pertama, Prosesor AMD Ryzen™ PRO 7040 Series Mobile terbaru menghadirkan performa “Zen 4” yang canggih dan mesin dedicated AI Ryzen™ untuk laptop bisnis Windows 11 dari vendor PC terkemuka termasuk HP dan Lenovo. Kedua, Prosesor desktop AMD Ryzen™ PRO 7000 Series menghadirkan kinerja dan efisiensi terdepan untuk pekerjaan mendatang. Dan Ketiga, Prosesor AMD EPYC™ Generasi Keempat yang baru menawarkan performa terdepan dalam komputasi cloud native dan teknis.

Prosesor AMD Ryzen™ PRO 7040 Series untuk Mobile dengan Ryzen™ AI


Yuk, kita bahas satu-satu. Pertama, Prosesor AMD Ryzen™ PRO 7040 Series Mobile terbaru menghadirkan performa “Zen 4” yang canggih dan mesin dedicated AI Ryzen™ untuk laptop bisnis Windows 11 dari vendor PC terkemuka termasuk HP dan Lenovo seperti foto laptop di bawah ini. 😍

(Laptop dengan Prosesor AMD Ryzen™ PRO 7040 Series)

Nanti secara lengkap kalian bisa pilih prosesor AMD Ryzen Pro 7040 seri ini di tabel yah sesuai spesifikasi dan kebutuhan kalian. Setidaknya, aku bakal nerangin beberapa prosesor seri ini sesuai dengan keterangan yang dikasih sama mas Brando Lubis.☺️

Misalnya untuk prosesor seri Ryzen™ 7 PRO 7840U selain menawarkan kinerja lebih bagus dibanding kompetitor x86, juga menawarkan kerja CPU hingga 18% lebih tinggi dan juga ketahanan baterai hingga 15% lebih baik saat dipake untuk konferensi video. Bahkan AMD meng-klaim lebih irit baterai walau dibandingkan dengan prosesor miliknya Apple M2 Pro, lho! Cocok nih buat yang suka meeting via zoom karena nggak worry lagi baterai bakal cepet habis. 😁

Ketahanan baterai laptop yang pake prosesor AMD Ryzen™ 7 PRO 7840U pun dilakukan. Hasilnya memuaskan. Pasalnya, ketahanan daya baterai 70% lebih lama saat digunakan menggunakan konferensi video di Microsoft Teams bebarengan menjalankan benchmark Procyon Overall. Cocok untuk pengguna portable seperti laptop yang sifatnya hybrid-atau pun on-the-go karena ternyata kinerja per watt-nya 29% lebih baik dibandingkan dengan kompetitor. Wah gilasih. Killer!

Kalian pasti penasarankan kenapa bisa, gitu? Karena prosesor AMD Ryzen™ PRO 7040 Series ini dibangun dengan teknologi 4nm yang nampilin 8 core “Zen 4” dan grafis terintegrasi RDNA™ 3. Ini juga yang bikin ringan meski digunakan untuk membuka aplikasi bisnis.

Malahan, Prosesor AMD Ryzen™ PRO 7040 Series tertentu digadang-gadang menampilkan Ryzen™ AI, mesin AI terintegrasi pertama di dunia pada prosesor x86. Keuntungan lainnya pake prosesor ini kolaborasi yang imersif pada platform seperti Microsoft Teams dan aplikasi konferensi video terkemuka lainnya. Kedepannya, ini diharapkan membawa beragam keuntungan unik dalam kolaborasi generasi berikutnya, kreasi, produktivitas, UI prediktif, dan fitur keamanan bertenaga AI. Ryzen™ AI membantu melengkapi laptop tertentu untuk masa depan pekerjaan dengan AI. Jadi ngiler pengen punya satu laptop dengan prosesor AMD tipe ini ya Allah. Amien-kan dulu aja yah guys. 😁
(Tabel Prosesor AMD Ryzen™ PRO 7040 Series)


Prosesor Desktop AMD Ryzen™ PRO 7000 Series Menghadirkan Kinerja dan Efisiensi Terdepan untuk Pekerjaan Mendatang.


Lumayan kaget juga pas mas Brando Lubis bilang Universitas AMIKOM, Yogyakarta, sebagai satu-satu-nya Universitas di Indonesia saat ini yang bekerjasama dengan AMD dan merasakan manfaat dari perkembangan teknologi AI bagi dunia pendidikan dan merupakan langkah awal yang penting baik bagi pengajar maupun siswa. Secara aku dulu kuliah di Jogja dan tau Campus AMIKOM yang terkenal akan IT-nya. Beruntung kalian yang kuliah di sini. 😍

Universitas AMIKOM, Yogyakarta menjadi Universitas pertama yang mengaplikasikan AMD Ryzen 7000 series terbaru, dengan platform AM5, fabrikasi 5nm dan menggunakan memory DDR5. Selain itu, AMIKOM juga telah menggunakan solusi PC Desktop terbaik bertenaga AMD Ryzen mulai tahun 2018 dengan standar PC yang digunakan untuk lab minimal prosesor AMD Ryzen 7, dan sebagian lainnya menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 dan Threadripper. Hingga kini, total lebih dari 500 PC dari berbagai lab bertenaga prosesor AMD. Mantap nggak tuh?

Selain itu, secara global AMD juga telah mengumumkan prosesor Ryzen™ PRO 7000 Series untuk desktop, menghadirkan kekuatan grafis terintegrasi “Zen 4” dan AMD RDNA™ 2 untuk pengguna desktop profesional.

Dengan teknologi AMD PRO, setiap prosesor dalam Ryzen™ PRO 7000 Series menghadirkan serangkaian teknologi penting untuk lingkungan bisnis yang dikelola TI memungkinkan fitur keamanan berlapis tingkat enterprise – termasuk AMD Memory Guard, Secured-core PC, dan teknologi keamanan chip-to-cloud yang diaktifkan oleh Microsoft Pluton – penerapan dan pengelolaan yang disederhanakan, dan jaminan kualitas yang diperlukan oleh pengambil keputusan bisnis dan TI.

Infrastruktur Komputasi Dioptimalkan untuk Data Center Modern


AMD juga melakukan serangkaian pembaruan untuk keluarga EPYC™ Generasi Keempat yang dirancang untuk menawarkan kepada pelanggan dengan spesialisasi beban kerja yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan unik bisnis dengan performa terdepan dan efisiensi energi. Terbarunya, prosesor AMD EPYC™ 97X4 Generasi Keempat, yang sebelumnya diberi kode nama “Bergamo” dan AMD EPYC Generasi Keempat dengan teknologi AMD 3D V-Cache™, cocok untuk beban kerja komputasi teknis yang paling menuntut dengan teknologi AMD 3D V-Cache™, CPU server x86 performa tertinggi di dunia untuk komputasi teknis.

Prosesor AMD EPYC™ 97X4 Generasi Keempat membawa inovasi 128 core "Zen 4c" per soket, memberikan kepadatan vCPU terbesar dan kinerja terdepan di industri untuk aplikasi yang berjalan di cloud, dan memimpin efisiensi energi. Selain itu juga, dengan memanfaatkan arsitektur core “Zen 4c” yang baru, CPU data center cloud native-optimized AMD EPYC™ 97X4 semakin memperluas prosesor EPYC™ 9004 Series untuk menghadirkan kerapatan thread dan skala yang diperlukan untuk komputasi cloud native terdepan.

Prosesor AMD EPYC™ 97X4, dengan hingga 128 core, menghadirkan kinerja throughput hingga 3,7x untuk beban kerja cloud native utama dibandingkan dengan Ampere. Selain itu, prosesor AMD EPYC™ Generasi Keempat, dengan core “Zen 4c”, memberi pelanggan efisiensi energi hingga 2,7x lebih baik dan mendukung hingga 3x lebih banyak container per server untuk mendorong aplikasi cloud native pada skala terbesar.
(Tabel AMD EPYC™ 97X4 Generasi Keempat)

Prosesor AMD EPYC™ Generasi Keempat dengan teknologi AMD 3D V-Cache memperluas prosesor AMD EPYC 9004 Series untuk menghadirkan CPU x86 terbaik dunia untuk beban kerja komputasi teknis seperti Computational Fluid Dynamics (CFD), Finite Element Analysis (FEA), desain elektronik otomatisasi (EDA) dan analisis struktural. Dengan hingga 96 core “Zen 4” dan cache L3 1GB+ yang terdepan di industri, prosesor AMD EPYC™ Generasi Keempat dengan AMD 3D V-Cache dapat secara signifikan mempercepat pengembangan produk dengan memberikan pekerjaan desain hingga dua kali lipat.
(Tabel AMD EPYC™ 9004 Generasi Keempat)

Seluruh jajaran prosesor AMD EPYC™ Generasi Keempat tersedia saat ini dan memiliki fitur dan soket yang kompatibel dengan sistem berbasis CPU AMD EPYC™ 9004 Series yang ada, menawarkan jalur peningkatan yang mulus.

Demikian guys untuk event AMD Media & Blogger Update. Semoga bermanfaat yah, utamanya buat kalian yang lagi cari info prosesor AMD baik yang ada di laptop, PC atau Desktop dan mungkin juga untuk keperluan bangun data center. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

0 comments:

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Viva Blog

Komunitas Blogger

Indoblognet
BloggerCrony Community


Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Blog Archive

Labels

Arsip Blog