Kamis, 12 Oktober 2017

Suka Traveling? Jangan Lupakan Ini

AKHIR-AKHIR ini, jangan heran kalau dunia traveling lagi happening. Lha gimana enggak, sedikit-sedikit "cekrek" foto, upload ke Instagram. Orang yang tadinya gak tau jadi tau. Kepengen. Dan akhirnya pengen jalan ke sana juga. Misalnya, dulu sedikit orang yang tau kepulauan Maldives. Tapi sekarang, siapa yang gak kenal sama Maldives? Itu tak lain karena pengaruh media sosial dan perkembangan internet yang sudah gampang diakses oleh semua orang.

Program televisi pun seolah tak mau ketinggalan. Hampir semua stasiun televisi punya program acara jalan-jalan atau traveling dengan nama yang beda-beda. My Trip My Adventure salah satunya. Majalah dan koran pun ambil bagian dengan menampilkan rubrik jalan-jalan di setiap minggunya. Jangan salah, dunia blogger pun semakin bertambah dengan hadirnya blogger traveling.

Ilustrasi Asuransi Traveling

Traveling memang penting bagi kesehatan dan jiwa. Dengan traveling, bisa menghilangkan stres dan penat yang menumpuk setelah seminggu bekerja. Makanya ada istilah 'me time.' Untuk itu minimal satu hari dalam seminggu kamu harus santai biar gak stres dan otot gak tegang kalau kata bang haji Rhoma Irama. :) Gak cuma istilah "me time" istilah kurang piknik juga kerap diajukan bagi orang yang suka berbuat gak normal.

Suka jalan-jalan atau traveling, biasanya apa aja sih yang kamu siapin buat traveling? Ini aku kasih beberapa tips buat kamu yang suka traveling berdasarkan pengalamanku.

Destinasi atau tujuan wisata itu penting bro and sist. Gimana kamu bisa pergi kalau gak tau arah dan tujuannya? :) Yaiyalah, destinasi wisata ini yang akhirnya membuat kita kuat pengen jalan ke sana. Destinasi wisata kalau aku bilang ibarat dream atau impian yang selalu membuat kita terus termotivasi pengen pergi ke sana. Entah bagaimana caranya, asal dilakukan dengan cara yang halal dan tidak merugikan orang lain yah guys. Tujuan wisata tidak hanya di dalam negeri tapi juga bisa di luar negeri.

Setelah itu, sesuaikan dengan budget kamu. Jangan memaksakan diri jika memang budget kamu gak mencukupi. Itu namanya sama aja dengan 'bunuh diri'. :) Kalau gak bisa ke luar negeri, di dalam negeri pun masih banyak destinasi wisata yang tak kalah menarik kok.

Hotel dan tiket pesawat pun harus sudah masuk perhitungan di budget ini. Jangan sampai kurang kalau lebih boleh, sebab, kalau lebihkan bisa buat beli oleh-oleh. :)

Setelah itu, jangan lupa buat browsing-browsing tentang objek wisata yang akan kamu kunjungi. Akan lebih baik jika kamu punya teman yang udah pergi ke destinasi tersebut. Sebab, informasi yang didapat lebih lengkap dan bisa dipercaya. Bukan lagi katanya. Seperti spa-apa aja yang menarik di sana untuk di-explore. Misal, apakah kulinernya yang harus masuk daftar list kamu tak boleh terlewat. Tempat wisata mana yang bagus buat foto dan gak boleh terlewat juga harus masuk daftar list. Secara, sekarang ini kalau gak foto-foto alias 'pencitraan' rasanya kurang afdol aja gitu yah. :)

Dengan foto-foto kamu juga bisa bercerita sama anak cucu kamu kelak bila udah tua. Selain kamu bangga, anak cucu pastinya juga bangga. Makanya jangan sungkan dan malu buat upload keseruan foto kamu di sosmed biar kalau datanya kehapus di memori camera, kamu masih punya backup fotonya.

Setiap destinasi wisata punya kearifan lokalnya masing-masing yang harus kamu hormati atau dijunjung tinggi. Adat norma, dan budaya setempat. Misalnya, saat kamu masuk ke sebuah wihara apakah diperbolehkan untuk ambil foto di sana atau tidak. Intinya sih apa-apa yang diperbolehkan dan apa-apa yang dilarang.

Asuransi Traveling

Terakhir yang banyak travelers lupakan adalah tentang asuransi. Yap, asuransi! Kita sebagai manusia gak akan tau apa dan bagaimana selama traveling. Semua pasti mengharapkan sehat dan selamat ya tanpa kurang apapun. Amien.Tapi yang namanya manusia kadang bisa sajakan terjadi sesuatu hal yang gak diinginkan. Misalnya, keterlambatan pesawat, kehilangan barang, sakit, dan naudzubillah kecelakaan.

Buat menghindari dan meminimalisir itu semua selain doa dan usaha bisa dengan memberikan perlindungan diri atau asuransi. Ibarat hujan, kalau misal hujan beneran kita gak basah, tapi kalau pun gak hujan kita gak akan rugi karena bawa payung.

Henry Kurniawan, General Manager Claim MSIG Indonesia

Asuransi traveling ini memang sangat jarang dan masih sedikit sekali. Boleh dikata, masih bisa dihitung dengan jari, lho. Untungnya, sore tadi hari Rabu, 11 Oktober 2017 aku diajak komunitas Indonesian Social Blogpreneur (ISB) untuk ikutan acara blogger gathering bareng mobil123.com sebagai portal otomotif no.1 di Indonesia di sebuah cafe and restaurant yang ada di Jakarta.

Dari situ aku banyak belajar tentang asuransi. Pandangan negatif tentang asuransi terpatahkan oleh para narasumber yang guanteng-guanteng bikin emak-emak yang hadir betah dan klepek-klepek :) Beberapa kasus yang menimpa asuransi tentang sulitnya klaim asuransi membuat daftar panjang pengalaman orang berfikir dua kali untuk ikutan asuransi.

(Bernardus P. Wanandi, Vice President Director of MSIG Indonesia)

Mengangkat tema yang ringan dan simple yakni "Tips Cara Pengajuan Asuransi Perjalanan yang Efektif" Buat kamu yang pengen beli asuransi saat akan traveling minimal kamu harus memilih berapa lama lembaga asuransi tersebut berdiri. Semakin lama, semakin bagus. Ibarat orang, semakin tua semakin banyak pengalamannya. Kalau kata pepatah, "banyak makan garam." Tapi jangan kabanyakan, nanti kasinan atau darah tinggi. :)

yang kedua, pastikan lembaga asuransi tersebut mudah dalam pengajuan klaim asuransi. Tidak belibet, bertele-tele, atau ngapusi (berbohong) kalau kata orang Jawanya. Dan ke-tiga sudah diatur dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Bila ke-tiga faktor ini aja sudah terpenuhi, tandanya asuransi tersebut baik dan bagus.

(Keseruan Acara Blogger Gathering)

Dan menurutku, PT. Asuransi MSIG Indonesia sudah memenuhi ke-tiga faktor tersebut di atas. Sesuai dengan judul atau temanya proses membeli dan mendaftar asuransi ini memang cukup mudah dan efektif, karena semua bisa dikerjakan dengan online hanya bermodal smartphone aja. Kan gak semua travelers sempet buka laptop kalau mau jalan. Sayangnya, belum tersedia apps-nya baik di Android maupun di Android.

Asuransi ini ternyata punya orang Jepang. Dari dulu, orang Jepang terkenal akan etos kerjanya yang tinggi, jujur, disiplin, dan bertanggungjawab. Dari namanya aja udah keliatan dan jelas, Mitsui Sumitomo Insurance Group atau disingkat dengan MSIG yang jelas bukan MSG lho yah! :)

Kantornya sendiri untuk kawasan Asia Pasific, Asuransi MSIG berkantor di Singapura. Sedangkan untuk di Indonesia, Asuransi MSIG udah beroperasi sejak Oktober 1975. Hingga sekarang, kurang-lebih sudah lama juga ya? Tepatnya sudah 42 tahun. Hampir setengah abad. Untuk info lebih lengkap, kamu bisa langsung buka website resminya di www.msigonline.co.id dan www.msigonline.co.id Akhir kata, semoga postingan ini memberikan kamu informasi dan bermanfaat. Akhir kata, salam blogger! ● Dede Ariyanto

8 komentar:

  1. Traveling ga cuma mikirin mau pergi kemana, nginep di mana, kuliner apa tapi juga penting dilengkapi asuransi perjalanan. Well, noted.

    BalasHapus
  2. Lo mau jalan2 ke lN tapi gak ada pegangan semisal asuransi perjalanan ini sama aja kek lo jalan malam hari terus gak ada listrik alias gelap gulita

    BalasHapus
  3. Ini yg selama ini gak pernah kepikiran sama traveler. Padahal kalo ke luar negeri apalagi ke tempat2 ekstrim butuh asuransi utk melindungi diri

    BalasHapus
  4. Ahaiii ada foto saya yang lagi digoda Mba MC hahaha

    Iya Mas Dede, ini Travel Insurance ini penting bangat ya ternyata untuk berjaga-jaga.

    BalasHapus
  5. Jadi tau kalo ada travel insurance MSIG Online

    BalasHapus
  6. Meskipun belum pernah jalan² ke luar negeri penting jg nih...buat persiapan ikut asuransi MSIG ini

    BalasHapus
  7. Eiya mas bener, aku juga suka traveling awalnya karena dari kecil suka lihat foto-foto papaku yang udah kemana-mana sambil kerja.. :) Iya ya ternyata asuransi traveling itu pun penting juga. Kadang suka gak kepikiran soal asuransi ini..

    BalasHapus
  8. keren, berguna banged infonya

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, link atau tautan, sara,pornografi, dan spam terpaksa dihapus!

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Karya Buku





Komunitas Blogger

BloggerCrony Community

Indoblognet

Komunitas ISB

Blogger Reporter Indonesia

Populer Post

Arsip Blog

Label

Arsip Blog