Kamis, 04 Agustus 2016

Ring of Fire Adventure (RoFA), Program Baru Kompas TV

TEMA traveling atau jalan-jalan tak bisa dipungkiri saat ini sedang dan banyak digandrungi oleh banyak orang. Terbukti, dari beberapa video yang saya upload di YouTube, paling banyak viewer-nya adalah tempat wisata dan jalan-jalan. Ironinya, banyak dari para traveler (sebutan bagi yang suka jalan-jalan) lebih bangga jalan-jalan ke luar negeri ketimbang di negerinya sendiri Indonesia. Padahal, di Indonesia banyak destinasi wisata yang sama bahkan jauh lebih Indah pesona alamnya dibandingkan dengan luar negeri.

Bincang Sapa dengan Para Pemain RoFA

Kompas TV mencoba mengangkat kembali kekayaan alam Indonesia melalui program terbarunya "Ring of Fire Adventure (RoFA)" dengan mengusung tema "Return of The East." Mengapa harus Indonesia Timur? Alasan utama rasa toleransi antar sesama di Indonesia timur masih kental. Diharapkan acara ini tidak hanya sebagai tayangan tapi juga sebagai teladan generasi muda pentingnya toleransi dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika yang mulai memudar.

RoFa tidak hanya memperkenalkan kekayaan alam Indonesia, budaya, muatan lokal atau kearifan lokal, juga tips bagaimana traveling di alam liar yang belum dilalui. Kamu yang suka traveling, harus nonton RoFA yang tayang setiap hari Sabtu malam pukul 21.00 WIB di Kompas TV. Singkatnya, RoFA adalah kisah perjalanan atau ekspedisi seorang ayah bersama anak-anaknya tentang keajaiban dan keindahan alam Indonesia timur. Tim RoFA terdiri dari sembilan orang dengan latar belakang budaya dan agama yang berbeda.

Menurut Youk Tanzil, founder sekaligus executive producer program acara RoFA mengungkapkan, “Indonesia itu besar dan panjang sekali. Kalo mau keliling Indonesia, butuh tiga nyawa. Hidup, mati, dan hidup lagi. The more i travel, the more i see. The more i see, the more i learn. The more i learn, the less i know." Ungkapnya saat jadi narasumber dalam bincang di pelataran Orange Kompas TV, Sabtu, 23 Juli 2016.

Persiapan sebelum tim berangkat ke lokasi dilakukan selama lima bulan, loh. Gunung Batur, Bali, adalah tempat yang cocok dipilih untuk latihan off road. Selain Gunung Batur, Bali, ada juga Baluran, Jawa Timur, untuk latihan off road juga. Mereka didampingi oleh pelatih-pelatih ahli di bidangnya. Selain latihan mengendarai motor di medan terjal, berbatu, dan berlumpur, demi meningkatkan stamina fisik mereka juga diminta meningkatkan aktivitas olahraga termasuk yoga.

Dalam bincang sapa tersebut, selain dihadiri oleh beberapa rekan media, blogger, juga ada komunitas moge alias motor gede. Secara keseluruhan, acaranya seru karena kita juga bisa melihat dan mencoba secara langsung motor yang digunakan RoFA. Dalam bincang sapa juga ada live tweet yang sempat jadi top trending dan pengundian doorprize memperebutkan smartphone 4G bagi mereka yang beruntung.

Kabarnya acara serupa sebelumnya pernah ditayangkan di Kompas TV, sempat selesai dan tidak tayang, karena tingginya permintaan masyarakat untuk ditayangkan kembali, maka kembali hadir dengan logo baru cincin lingkar api yang memiliki makna semangat baru yang berapi. Berikut episode kedua, kamu bisa menontonnya di channel YouTube Kompas TV. ● Dede Ariyanto

 
Ring of Fire Adventure, Petualangan Youk Tanzil Pakai Motor (Bag 2)

5 komentar:

  1. Seru acara travelling seperti ini yang dihadirkan Kompas TV. Kompas TV memang menginspirasi :)

    BalasHapus
  2. Kompas TV ini banyak acara jalan2nya yak tapi programnya sehat semua. Walau seringnya dirumah nyetelnya saluran -___-

    BalasHapus
  3. emang kompas tv, tv inspiratif masa kini...

    BalasHapus
  4. Program acara di Kompas bagus-bagus, semoga aja bisa terus memberi pengaruh yang positif bagi masyarakat. Terutama pada nilai toleransi ini.

    BalasHapus
  5. Program kayak gini ini jangan sampai kelar hrs seri berkelanjutan dan yg paling penting bkn off roadnya sj yg digede2in budaya lokalnya juga,,,

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!