Jumat, 18 Desember 2009

Merias Blog dan Cepat Populer

DATA BUKU :
Judul buku :
Tak-Tik Blog (Cara Bikin Blog, Paling Tokcer, Cepat Populer)
Penulis : Angel dan Ollie
Penerbit : Bukuné
Tahun terbit : 2008
Halaman : VIII+ 104 hlm

Blog atau web log agaknya sudah menjadi trend center bagi kalangan masyarakat akhir-akhir ini. Hal ini terbukti dengan meningkatnya jumlah traffic pengguna blog yang ada pada situs http://www.technorati.com. Blog merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh sebuah pengelola jasa di Internet. Dengan blog masyarakat dapat mempublikasikan opini, hobi, argumen, catatan harian, gambar, bahkan video sekalipun. Yang mungkin hal tersebut belum tentu dapat dipublikasikan di media masa, dengan layanan blog masyarakat dapat menulis dan mempublikasikannya secara bebas. Penggunanya pun beragam, tidak hanya para tokoh politik, artis, ulama, remaja, mahasiswa, pelajar bahkan siswa sekolah dasar (SD) pun sudah mampu membuat blog. Disekolah-sekolah maju seperti Amerika nampaknya blog sudah lama dimanfaatkan oleh pengajar sebagai ajang pengajaran secara online kepada anak didiknya, yang mana blog tersebut berisikan tentang pelajaran atau mata kuliah, silaby, daftar siswa, absensi, dan sebagainya.

Ada beberapa penyedia blog di internet yang menawarkan untuk membuat blog gratis seperti Multiply, Wordpres, Blogsome, Blog Friendster, bahkan sekarang detik.com dan beberapa situs Indonesia tak kalah menawarkan jasa pembuatan blog. Dari berbagai jenis layanan yang ada tentunya mempunyai kekurangan dan kelebihan tersendiri. Berdasarkan cara penggunaan, fitur yang ditawarkan dan berdasarkan data dari technorati.com nampaknya blogspot adalah salah satu blog yang fenomena dan banyak digunakan oleh masyarakat. Maka tak heran jika banyak buku yang bertemakan tentang blogspot saat ini.

Tahukah Anda ? bahwa tidak hanya sekedar mengungkapkan gagasan dan opini semata, blog juga dapat Anda manfaatkan sebagai penghasil dolar. Namun demikian, hal tersebut tidaklah semudah membalik telapak tangan. Diperlukan keuletan, kesinambungan, pantang menyerah terutama dalam menyuguhkan tema yang bermanfaat bagi masyarakat. Layanan tersebut disebut dengan Google Adsense. Yang mana cara dan sistem kerjanya adalah menampilkan iklan kolom atau baris dari Google dengan syarat dan ketentuan tertentu pada blog. Dan apabila iklan tersebut di klik oleh pengunjung blog, maka Google akan mengirim uang berupa cek jika sudah mencapai target point. Karena setiap satu kali klik adalah point untuk pundi-pundi uang dolar Anda.

Buku Tak-Tik Blog ini yang notabene dikarang oleh Angel dan Ollie merupakan sebuah kolaborasi serasi. Yang mana Angel adalah seorang web designer dan direktur konsultan website tukusolution.com, Sedangkan Ollie seorang penulis produktif yang juga founder dan direktur toko buku online kutukutubuku.com serta berpengalaman sebagai web developer professional sejak tahun 2004. Sudah pasti isi dari setiap pembahasan buku ini tidak dapat diragukan lagi.

Sekilas jika kita melihat cover buku ini tentu menarik hati untuk membaca isinya, ditambah dengan beberapa gambar halaman buku yang berwarna menjadikan buku ini mempunyai nilai lebih tersendiri. Nampaknya buku ini sangat cocok sekali bagi mereka yang ingin blognya terlihat berbeda dengan blog kebanyakan. Disertai pembahasan yang sistematis, bahasa yang supel dan enak dibaca, buku ini memberikan trik dan tips rahasia merias blog agar terlihat indah dan cantik. Aksesoris untuk merias blog sangat kentara menonjol sekali karena sub bab yang ada lebih banyak dari pada sub bab yang lain. Sub bab merias blog tersebut terdapat pada halaman 71 sampai dengan 89 dengan judul bab “Memperkaya blog”.

Dan yang tak kalah penting adalah pembahasan bagaimana cara membuat blog agar cepat terkenal seperti deskripsi dari judul buku ini yaitu “Cara Bikin Blog, Paling Tokcer, Cepat Populer”. Nampaknya hal tersebut bukan sekedar rayuan persuasif semata dari penerbit, tetapi real. memang buku ini layak mendapatkan dan patut di apresiasi karena bagaimana pun juga setelah blog terlihat indah dan cantik, blog juga patut di perkenalkan pada publik agar dapat dibaca (halaman 95).

Sayangnya buku ini mempunyai kelemahan pada saat dipraktekan, mengapa hal tersebut terjadi ? sebagaimana kita ketahui blogger.com sifatnya dinamis dalam memberikan layanan dan merubah beberapa bahasa yang ada di blog. Hal tersebut dilakukan demi kenyamanan para pengguna blogspot. Misalnya jika dalam buku pada tata letak blog di bagian sidebar dituliskan “Tambah Elemen Halaman” maka sekarang sejak tulisan ini ditulis sudah berubah bukan “Tambah Elemen Halaman” namun “Tambah Gadget”. Ini jika pilihan bahasa yang digunakan pada blog adalah bahasa Indonesia. Lalu apakah harus belajar lebih ? Tidak juga, karena secara prinsip dan kerjanya sama, hanya perubahan bahasa saja.

4 komentar:

  1. kkaa gimana cara buat NAMa palng atas pake Tulisan gaya kaya tulisannya SPIDERMAN THe MATRIX.?
    tolong ya

    BalasHapus
  2. Gampang kok pake aplikasi PhotScape saja :D

    BalasHapus
  3. kakaa gimana cara buat home,seminar,profil,buku dan pasang iklan seperti punya blog kakaa di atas...?tolong ya..........

    BalasHapus
  4. Bukannya sudah otomatis, tapi menggunakan versi blog new. Kalo blognya versilama, pindah dulu ke versi baru. Atau gunakan saja program Artisteer :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah turut berpartisipasi di blog ini dengan cara menulis komentar. Komentar yang berisi iklan, sara, pornografi dan spam terpaksa dihapus! :)

Search

Social Media

Facebook Twitter Instagram YouTube Google+ e-Mail

Komunitas Blogger

Blogger Reporter Indonesia



Fun Blogging


Warung Blogger


BloggerCrony Community

Karya Buku





Arsip Blog

Cuit-Cuit Yuk!